Wonderful Indonesia Ambassador Gaet Artis Cina

Tuesday, 16 August 16   0 Views   0 Comments   Venue

Kementerian Pariwisata Indonesia pada 6 Agustus 2016 lalu memperkenalkan sepasang selebriti Cina sebagai Wonderful Indonesia Ambassador untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di negara mereka. Kedua selebriti asal Cina tersebut adalah Christy Chung dan Zhang Lunshuo.

Taufik Nurhidayat, Kepala Deputi Pemasaran Internasional Kementerian Pariwisata RI, mengatakan, program kerja sama dengan para selebriti yang sudah sangat terkenal di Cina ini diharapkan dapat mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan Cina ke sejumlah destinasi di Indonesia. “Adanya peningkatan jumlah kunjungan turis Cina pada tahun ini menjadi salah satu pertimbangan kerja sama ini,” ujar Taufik.

Kementerian Pariwisata sendiri pada tahun ini menargetkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia sejumlah 12 juta wisman, dan 2,1 juta di antaranya berasal dari Cina. “Ada peningkatan tren para wisatawan Cina untuk lebih mengeksplorasi sejumlah destinasi baru di dunia, serta semakin banyak turis Cina yang melirik Indonesia untuk menjadi tempat pelaksanaan event maupun wedding,” ujar Taufik.

Karena itulah, Kementerian Pariwisata Indonesia bekerja sama dengan selebriti Cina untuk mempromosikan keunikan dan keindahan Indonesia. “Kerja sama dengan selebriti Cina ini adalah salah satu bagian dari program promosi ini, dan masih ada banyak lagi kerja sama dengan beberapa pihak untuk mendukung program kunjungan wisata Indonesia,” kata Taufik.

Menurut Taufik, promosi pariwisata Indonesia di sebuah negara dirasa sangat efektif dilakukan oleh warga negara bersangkutan. “Promosi ini relatif lebih efektif kepada warga setempat karena mereka bercerita pengalaman di Indonesia dengan kultur dan bahasanya sendiri,” kata Taufik.

Perjalanan Christy Chung dalam program Wonderful Indonesia dimulai dengan menikmati menginap di sejumlah hotel di Bali, yaitu TheĀ  Mulia, The Mulia Resort & Villa Nusa, Alila Purnama, dan Alila Villas Uluwatu. Perjalanan ini pun dibuat dalam bentuk film pendek sebagai bahan promosi destinasi wisata Indonesia.

Penulis: Nila Sofianty