Wonderful Indonesia Gunakan Endorser Para Artis

Wednesday, 15 November 17   12 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
wonderful indonesia dengan artis

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjalin kerja sama co-branding Wonderful Indonesia dengan artis entrepreneur dan korporat. Hal itu dilakukan dengan menandatangani nota kesepahaman dengan para artis dan korporat tersebut pada 14 November 2017.

Menurut Arief Yahya, bentuk kerja sama ini merupakan salah satu strategi promosi pariwisata dengan konsep POS (paid media, own media, dan social media), salah satunya adalah dengan endorser ini.

“Anggaran Kemenpar itu yang diajukan Rp8 triliun, tap hanya dikasih Rp3,7 triliun. Kita harus berpikir keras karena tidak sampai 50 persen. Jadi, media yang tepat itu digital, ditambah endorser ini,” ujar Arief Yahya.

Untuk kerja sama kali ini, Kementerian Pariwisata menggandeng 20 artis entrepreneur dan 11 korporat. Kerja sama ini dilakukan karena pariwisata dan artis juga memiliki keterkaitan, yakni sama-sama bergerak di bisnis cultural industry. Selain itu, untuk brand yang dimiliki oleh artis entrepreneur sekitar 90 persennya berupa oleh-oleh di destinasi wisata.

Dalam kerja sama ini, para artis sebagai endorser akan sama-sama mempromosikan pariwisata Indonesia melalui media jaringan yang dimiliki oleh para artis maupun media jaringan Kementerian Pariwisata. Melalui kerja sama ini, logo Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia akan ditempatkan di produk yang dimiliki para artis tersebut.

Adapun artis entrepreneur di bidang usaha kue yang melakukan co-branding Wonderful Indonesia adalah Minang Mande Cake milik Rossa, Banana Foster Cake milik Henki Kurniawan, Semarang Wingkorolls milik Dewi Sandra, Rain Cake milik Shireen Sungkar, Cinnamon milik Dhini Aminarti dan Dimas Seto, Scrummy milik Dude Herlino, Premio milik Baim Wong, Bandung Kunafe milik Irfan Hakim dan Omesh, Surabaya Patata milik Ria Ricis dan Oki Setiana Dewi, Reallycake milik Prilly Latuconsina, Pekanbaru Cassata milik Denny Cagur, Savvanacake milik Fitri Carlina, Lenso Manado milik Gracia Indri, Cirebon Sultana milik Indra Bekti, Palembang Lamonde milik Irwansyah, serta Gigieatcake milik Raffi Ahmad dan Gigi.

Sementara itu, di bidang fashion, antara lain ada brand Mandjha.ivangunawan milik Ivan Gunawan, Urban Lips milik Cathy Sharon, serta Cirebon Kelana milik Andika Pratama dan Ussy.

Branding pariwisata Indonesia tidak bisa dilakukan secara sendirian oleh Kementerian Pariwisata. Untuk mewujudkan brand Wonderful Indonesia di pasar global dan brand Pesona Indonesia di pasar domestik dibutuhkan kebersamaan dan sinergi seluruh elemen bangsa dalam kerangka Indonesia Incorporated. Dengan kolaborasi dan bekerja bersama, kita akan bigger-broader-better together,” kata Arief Yahya.