The Puhu Restaurant, Estetika Hidangan di Tengah Kesejukan Ubud

Friday, 10 November 17   6 Views   0 Comments   Harry Purnama
Puhu Restaurant

Selama delapan dekade terakhir, Ubud terkenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Bali. Di kalangan wisatawan, kawasan berpopulasi 30.000 jiwa ini terkenal sebagai desa seni. Ia juga mampu mencuri hati banyak pasangan suami istri sebagai destinasi berbulan madu. Hal itu tidaklah mengherankan mengingat suasana yang tenang, hamparan sawah hijau, dan pantai berpasir putih merupakan magnet utama kawasan ini.

Kini, Ubud juga mulai dilirik pasar korporasi sebagai wisata insentif. Meski belum banyak, beberapa hotel dan restoran di Ubud mulai menyediakan fasilitas meeting bagi tamu korporasi, seperti yang dilakukan Padma Resort Ubud pada The Puhu Restaurant & Lounge. Satu-satunya resor MICE di kawasan Ubud ini meletakkan The Puhu Restaurant & Lounge di lantai empat, menghadap langsung ke pemandangan hutan bambu Desa Puhu.

Restoran yang berdiri di Banjar Carik, Desa Puhu, Payangan, ini terbagi atas dua area. Pertama, bagian indoor yang menghadirkan dekorasi eklektik tradisional dan langit-langit berhiaskan lampu gantung yang juga bergaya tradisional. Kedua, teras Al Fresco, yang menawarkan latar belakang infinity pool Padma Resort serta lanskap perbukitan hijau dan persawahan.

Himawan H. Wasito, Food & Beverage Manager Padma Resort Ubud, mengatakan, The Puhu Restaurant & Lounge mengusung tema “When Art Meets Cuisine”. Artinya, setiap hidangan yang disajikan di restoran ini diolah dengan estetika lokal. “Kami menyajikan all-day international dining, juga hidangan Indonesia, Asia, dan Eropa yang diawasi langsung oleh Executive Chef Ketut Sumerta. Dia merupakan sosok di balik magisnya kuliner The Puhu Restaurant & Lounge,” katanya.

Sebelum bergabung dengan Padma Resort Ubud, Ketut Sumerta pernah mengenyam pengalaman sebagai chef di jaringan Four Seasons Hotels and Resort hampir di seluruh dunia. Kecintaannya terhadap seni membuat lelaki 44 tahun asal Desa Puhu itu tidak hanya mengutamakan kualitas, tetapi juga tampilan hidangan.

Hidangan yang disajikan Ketut banyak dipengaruhi unsur Timur Tengah, terutama Istanbul. Hal ini karena Ketut  pernah bekerja di kota yang merupakan pertemuan budaya Eropa dan Asia itu. Dia juga menguasai masakan Oriental ketika berada di Hong Kong dan Makau, serta mahir mengolah pasta dan pastry ketika berada di Perancis.

Ketut mengembangkan teknik memasak modern yang ia kombinasikan dengan bahan baku organik asal Desa Puhu. Padma Resort Ubud memang menyediakan lahan khusus untuk ditanami aneka rempah dan sayuran, serta untuk beternak sapi. “Hasil bumi Desa Puhu begitu segar dan alami. Inilah yang membuat saya bangga dengan Desa Puhu dan memutuskan kembali setelah menjadi chef di sejumlah negara,” tuturnya.

The Puhu Restaurant

Sup Bali Pedas, sirloin steak dengan sup labu dan asparagus, sup jamur, fillet barramundi, serta nasi komplet bali merupakan deretan hidangan terbaik yang lahir dari tangan dingin Ketut. Untuk sarapan, tamu dapat menikmati croissant yang merupakan hidangan andalan Padma Hotels. Keunikan croissant buatan Ketut terletak pada tekstur lembut di sisi dalam, namun renyah pada bagian luar.

Melengkapi fasilitas, restoran ini menghadirkan Wine Lounge yang kerap disulap untuk berbagai pertemuan. Wine Lounge ini bahkan diklaim sebagai yang terbesar di Ubud, dengan luas mencapai 201 meter persegi dan kapasitas 30 orang. Serupa dengan teras Al Fresco, lounge ini, menurut Reza Sunardi, General Manager Padma Resort Ubud, menghadirkan pemandangan perbukitan dan hutan. “Pada sore hari, apabila jendela dibuka, tamu dapat menikmati udara sejuk Ubud,” katanya.

Dengan fasilitas mumpuni dan makanan yang berkualitas, The Puhu Restaurant & Lounge dapat menjadi pilihan wisatawan MICE ketika bertandang ke Ubud. “Kami berharap, ke depannya Ubud tidak sekadar menjadi destinasi bulan madu, tetapi juga tumbuh menjadi destinasi MICE,” imbuh Reza.

Alamat

Padma Resort Ubud

Banjar Carik, Desa Puhu, Payangan, Ubud, Bali

T: (0361) 301 1111

F: (0361) 301 1188

E: dining.ubud@padmahotels.com

W: padmaresortubud.com

 

Waktu Operasional:

Setiap hari, mulai pukul 06.00-23.00 WITA

Last order: 22.30 WITA