Turkuaz Perkenalkan Budaya hingga Masakan Asli Turki

Wednesday, 02 August 17   7 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
Turkuaz
Foto: Dok. Turkuaz

Demi memperkenalkan kuliner khas Turki di Indonesia, Sezai Zorlu berinisiatif mendirikan restoran Turki bernama Turkuaz. Restoran yang didirikan pada tahun 2011 ini berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Turkuaz tentu memiliki konsep arsitektur restoran Turki pada umumnya. Begitu memasuki restoran, para pengunjung akan melihat pernak-pernik khas Turki, mulai dari lukisan, foto hitam-putih, lampu hias berwarna-warni, hingga karpet berusia ratusan tahun.

Sezai yang juga merupakan seorang chef mengatakan, sekitar 70 persen pengunjung Turkuaz adalah masyarakat Indonesia. Makanan khas Turki seperti Baklava, Doner Kebab, dan Puding Nasi dapat dijumpai di Turkuaz.

“Jadi tidak perlu datang jauh-jauh mengunjungi Turki apabila ingin menikmati makanan 100 persen asli Turki. Semua bahan makanan yang digunakan juga diimpor dari Turki,” ujar Sezai Zorlu.

Turkuaz

Yayla Kebab merupakan salah satu makanan favorit di Turkuaz. Yayla Kebab menggunakan daging domba yang lembut, ditambah irisan roti, dan disiram saus yoghurt. Ada juga menu Mezze Platter dengan isi dua lavas (roti) berwarna putih berbentuk bulat dengan tekstur lembut. Untuk menikmati Mezze Platter dapat ditambah dengan Gavurdagi Salatasi (salad), Zeytinyagli Humus, Babaganuc, Ispanakli Peynirli Borek, dan roti. Menu pendamping favorit lainnya adalah Baklava dengan pilihan cokelat hazelnut, cokelat almond, klasik walnut, klasik pistachio, dan parmegi. Untuk minuman, ada Turkish Pomegranate Tea berwarna merah delima yang segar.

Selain menjadi lokasi makan, Turkuaz juga memiliki dua ruang privat yang dapat digunakan untuk kegiatan meeting maupun pertemuan bisnis. Untuk ruang Sultan Room memiliki kapasitas 16 hingga 18 orang, dan Tulip Room berkapasitas 8 hingga 10 orang. Lantai atas Turkuaz juga dapat “disulap” menjadi area pertemuan sehingga memiliki kapasitas hingga 50 orang. Untuk fasilitas yang didapat antara lain Wi-Fi gratis, microphone, dan pengeras suara.

Turkuaz

Harga yang ditawarkan untuk dapat menggunakan ruang privat ini adalah Rp625.000 per orang, sudah termasuk appetizer, main course, dan desert. Ruang privat ini dapat dipesan maksimal dua hari sebelumnya, dengan minimum pembayaran Rp4 juta. Sezai mengatakan, sekitar 100 kedutaan besar, perusahaan swasta, maupun lembaga pemerintahan pernah mengadakan kegiatan meeting di restoran ini.

 

Turkuaz

Jl. Gunawarman No. 32 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Harga Makanan: Rp20.000-Rp185.000

Harga Minuman: Rp35.000-Rp80.000

Jam buka: 11.30-22.00 WIB

Tlp: (021) 72795846 atau (021) 72795853