Kiat Menghadirkan Buyer pada Pameran Dagang

Tuesday, 24 October 17   7 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
buyer
Kehadiran buyer berperan penting dalam menentukan sukses-tidaknya suatu pameran dagang. Foto: Venuemagz/Catur

Kehadiran dan partisipasi aktif buyer mancanegara menjadi kunci sukses penyelenggaraan sebuah pameran dagang B2B berskala internasional di Indonesia. Budiarto Linggowijono, Pendiri Debindo, memaparkan kiat-kiat menghadirkan ratusan buyer dari puluhan negara ke pameran dagang berskala internasional. Berikut adalah tahapan yang harus ditempuh untuk memikat buyer.

  1. Rancang, siapkan, dan pastikan bahwa pameran dagang yang akan digelar itu penting, dibutuhkan, dan menguntungkan bagi para buyer sehingga mereka mau datang dan bertemu langsung dengan ekshibitor.
  1. Ciptakan aplikasi dan agenda yang akan memfasilitasi para buyer untuk bertemu dengan ekshibitor atau seller yang diinginkan. Penyelenggara acara berperan penting mencocokkan antara kebutuhan produk para buyer dengan persediaan produk para seller yang ikut di pameran.
  1. Susun jadwal pertemuan dan agendakan business matching sesuai dengan kategori produk yang akan ditransaksikan oleh buyer dan seller di ruang khusus business matching di area pameran. Seller menunjukkan contoh produk untuk dicek oleh buyer, lalu dilakukan negosiasi berbagai hal, seperti harga, volume, value, cara pengiriman, serta payment term.
  1. Membuat peta marketing strategis lanjutan yang harus disesuaikan dengan kapasitas penyelenggara dan atau pelaksana pameran. Ada baiknya penyelenggara juga melihat kekuatan dan peluang. Artinya, melihat rekam jejak yang dapat dievaluasi calon buyer untuk mengambil keputusan mengikuti event. 
  1. Lokasi pameran harus diperhatikan segalanya, seperti jarak tempuh, transportasi, akomodasi, dan lainnya.
  1. Pelaksana acara membuat feeding materi informasi dan promosi yang dikemas secara informatif dan bersifat promosi. Feeding berupa marketing tools terdiri dari post show membuat dan mengisi official website pameran, sistem registrasi online, mobile app, business matching system, penunjukan official air carrier, hotel, shuttle bus, dan lain lain.
  1. Melakukan rekrutmen ekshibitor yang merupakan produsen aneka ragam produk dan jasa yang berorientasi ekspor beserta pendukung layanan perdagangan internasional. Informasi produk dan jasa ekshibitor dibuat database untuk dilakukan business matching selama pre-event (online) dan dipertemukan secara langsung (offline).