Memanfaatkan Media Sosial untuk Berpromosi

Friday, 20 May 16   15 Views   0 Comments   Venue

Jejaring sosial merupakan cara berpromosi yang efektif dan murah, apalagi dimanfaatkan untuk memasarkan produk secara viral. Dalam industri MICE, viral marketing mulai menyusup dalam bentuk promosi event. Namun, pemasaran dengan cara ini belum dimaksimalkan.

Viral marketing lebih merujuk kepada promosi berdasarkan pengalaman dari konsumen kepada konsumen lainnya, yang dilakukan secara natural tanpa ada paksaan. Hal itu karena strategi promosi dengan cara consumer to consumer memang promosi yang akan lebih cepat mengena.

1. E-book

Buatlah e-book yang menarik dan mendidik, bisa berisi event yang akan kita gelar. Lalu, sebarkan kepada konsumen secara gratis.

E-book yang dibuat harus menyisipkan pesan yang kuat mengenai event yang akan digelar. Pada e-book mengenai destinasi wisata misalnya, sangat tepat disisipkan informasi tentang pameran mengenai wisata, hotel, dan restoran. Dengan demikian, penyelenggara event dapat mempromosikan acaranya dengan luas jika ada konsumen yang mengunduh, menyimpan, dan membagikannya kepada teman-temannya. Secara tidak langsung, event yang dibuat terdokumentasi dan dipromosikan dengan baik.

2. Membuat Video Pendek

Membuat video berdurasi tiga menit yang diunggah ke Youtube, lalu tautannya disebar kembali ke media sosial lainnya, juga menciptakan efek viral yang baik. Apalagi bila yang Anda unggah berbentuk pengalaman pribadi mengenai destinasi atau suatu event. Jangkauan video akan lebih luas bila diselaraskan dengan sosial media lainnya, antara lain Facebook, Twitter, atau Instagram.

3. Artikel Berlangganan

Untuk menjaga koneksi dengan para konsumen tetap terjaga dengan baik, penyelenggara event dapat menggunakan fasilitas artikel berlangganan melalui feed post yang ada di blog. Dengan adanya fasilitas ini, konsumen akan selalu mendapatkan informasi seputar event atau destinasi secara langsung melalui e-mail mereka masing-masing.

4. Jejaring Sosial

Media lain yang dapat kita gunakan untuk menerapkan viral marketing adalah dengan bergabung dalam situs jejaring sosial. Penggunaan situs jejaring sosial ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Dengan demikian, saat kita juga sudah tergabung dalam jaringan mereka, kita akan semakin dekat dan peluang untuk memasarkan produk buatan kita akan semakin efektif dan efisien.

5. Menggunakan Selebriti atau Tokoh di Suatu Komunitas

Pemasaran viral akan kian efektif bila penyelenggara event atau destinasi menggunakan tokoh atau selebriti untuk membuat testimoni mengenai suatu event atau destinasi. Bagaimanapun, khalayak masih melihat who says what. Inilah yang menjadi kekuatan promosi Anda.

Penulis: Harry Purnama