Tips Membangun Pameran Skala Besar

Friday, 10 November 17   7 Views   0 Comments   Harry Purnama

Sebuah pameran besar membutuhkan kesiapan matang agar menyenangkan hati pengunjung dan peserta. Agar pameran tersebut berhasil, berikut beberapa tips agar pameran ramai dan sukses.

  1. Mencari peserta potensial, vendor, supplier, sponsor, dan lain-lain jauh hari sebelumnya

Mulai melobi peserta untuk mengikuti event dan memastikan memperoleh slot tempat pada venue. Sebulan sebelum hari acara, cari dan kontak vendor pameran sekaligus kontraktor yang sesuai dengan permintaan organizer.

  1. Perhatikan stan yang membutuhkan desain spesial

Khusus stan yang membutuhkan desain spesial, diperlukan perhatian khusus untuk waktu loading barang karena membutuhkan waktu konstruksi yang lebih panjang. Buat perencanaan penyelesaian stan tersebut agar selesai sesuai timeline, termasuk jumlah pekerja dan kontraktor yang dibutuhkan.

  1. Promosi yang gencar

Lakukan promosi yang lebih gencar, terutama jika event tersebut bersifat consumer show exhibition. Promosi dapat dilakukan melalui berbagai media, seperti sosial media atau berupa spanduk, baliho, dan lain-lain yang dipasang di berbagai tempat strategis. Jangkauan terhadap promosi tersebut harus sesuai dengan segmen yang dituju.

  1. Melakukan brand activation

Hal ini dilakukan agar orang-orang aware terhadap pameran yang akan dijalankan. Paling efektif dilakukan satu sampai tiga bulan hingga menjelang acara berlangsung. Dapat dilakukan berupa media placement, sosial media, hingga mengadakan konferensi pers. Lakukan secara konsisten dan terencana agar tepat sasaran.

  1. Lakukan kegiatan yang bisa menjadi nilai tambah pameran bagi pengujung

Tambahkan kegiatan-kegiatan yang menarik sebagai pelengkap pameran. Kegiatan tersebut bisa berisikan art performance atau workshop dan seminar. Dengan nilai tambah seperti ini, maka pengunjung akan mendapat banyak manfaat, sepadan dengan usaha mereka untuk mengunjungi sebuah pameran.