Alila Solo, Raksasa di Jawa Tengah

Tuesday, 07 November 17   19 Views   0 Comments   Harry Purnama
Alila Solo

Berlokasi di jalan utama Kota Solo, Jalan Slamet Riyadi, Alila Solo berharap menjadi ikon MICE di kota berjuluk The Spirit of Java tersebut. Dengan desain modern inovatif, penuh detail, dan tetap menonjolkan sisi tradisional khas Solo, Alila yang baru dibuka pada Oktober 2015 ini menjadi akomodasi ideal bagi wisatawan bisnis maupun insentif korporasi.

Untuk mendukung itu, Alila Solo melengkapi diri dengan fasilitas MICE. Hotel dengan 255 kamar dan suites ini memiliki Grand Ballroom yang mampu menampung hingga 3.500 orang (standing party). “Kapasitas besar menjadikan Grand Ballroom Alila Solo sebagai venue terbesar di Jawa Tengah,” ujar Greta Indri, Marketing & Communication Alila Solo.

Grand Ballroom Alila Solo tidak hanya megah dari segi kapasitas, tetapi juga desain interiornya. Ruangan berbentuk segi empat ini diwarnai nuansa kecokelatan dan lampu gantung yang dapat berubah warna sesuai acara. Konsep ballroom ini senada dengan ruangan-ruangan lain di Alila Solo, yakni stylish modern.

Grand Ballroom memiliki luas 2.069 meter persegi dengan dimensi 56 x 37 meter. “Luasnya ballroom juga terlihat dari langit-langit cukup tinggi, yaitu 13 meter,” jelas Greta.

Untuk memudahkan bongkar-muat barang, tersedia dua loading dock yang dapat digunakan, yaitu loading dock basement dengan ukuran 1 x 2 meter dan loading dock di ground floor yang berukuran 80 x 2 meter. Bila memerlukan ruangan dengan kapasitas lebih kecil, Grand Ballroom Alila Solo dapat dibagi menjadi dua ruangan dengan kapasitas masing-masing 1.500 dan 1.200 orang untuk standing party.

“Nuansa glamor dan modern membuat Grand Ballroom Alila Solo menjadi andalan untuk menyelenggarakan pesta-pesta pernikahan. Pasalnya, dengan desain sedemikian rupa, pesta pernikahan yang digelar di sini sudah terlihat elegan dan mewah tanpa harus menambah banyak dekorasi,” tambahnya.

Selain untuk acara pernikahan, dengan kapasitas dan fasilitas mumpuni, Grand Ballroom Alila Solo juga dapat digunakan sebagai venue pertunjukan musik dan pameran. “Beberapa waktu lalu kami mengadakan wedding expo, kemudian juga ada konferensi salah satu bank nasional,” ungkap Greta.

Kelebihan lain Grand Ballroom adalah tersedianya foyer. “Area foyer dapat menjadi alternatif bila ingin mengadakan pameran mobil dan semacamnya,” katanya.

Agar lebih memudahkan penyelenggaraan acara, Alila Solo menyediakan beragam pilihan dekorasi, operator untuk tata cahaya dan tata suara, serta event organizer (EO). Untuk itu, Alila Solo telah bekerja sama dengan EO Maxima dan Topeng. Namun, bila pengguna ruangan sudah memiliki pilihan EO dan vendor untuk tata cahaya dan suara, Alila Solo juga tidak membatasinya.

Selain Grand Ballroom, Alila Solo juga menyediakan 14 ruang pertemuan lain. Kapasitasnya bervariasi, mulai dari 50 hingga 70 orang untuk standing party. “Acara pernikahan juga dapat menggunakan Largo dan Agra, venue luar ruang kami,” ungkap Greta.

Largo adalah area terbuka di dekat kolam renang yang mampu menampung hingga 500 tamu, sedangkan Agra berada di rooftop hotel, dengan kapasitas hingga 100 tamu. Ruang-ruang tersebut juga didukung dengan fasilitas parkir yang memadai. Alila Solo memiliki kapasitas parkir yang mampu memuat 270 kendaraan di basement. Bila diperlukan, tamu dapat menggunakan area di sekitar hotel yang mampu menampung hingga 400 kendaraan.

“Mereka tidak perlu khawatir karena izin parkir sudah dipegang oleh Alila Solo,” jelas Greta.

Berada di pusat Kota Solo, Alila Solo hanya berjarak 15 menit berkendara dari Bandara Adi Sumarmo dan dekat dengan berbagai destinasi. “Bila ada situasi darurat, di sekitar Alila Solo juga terdapat banyak rumah sakit dan klinik dengan jarak 10 menit berkendara,” tegas Greta.

 

Alila Solo

Jl. Slamet Riyadi No. 562, Solo (Surakarta)

T: (0271) 677 0888

F: (0271) 677 0999

E: solo@alilahotels.com