Ciputra Artpreneur Mengawinkan Seni dengan Wirausaha

Thursday, 21 May 15   16 Views   0 Comments   Venue

Ruang serbaguna bernuansa seni masih terbilang langka di Indonesia. Ketika membangun sebuah venue, kebanyakan investor lebih mengedepankan fungsi dan meletakkan aspek seni di urutan dua, tiga, atau bahkan terakhir. Padahal, aspek seni ini tidak kalah penting untuk memberikan pengalaman menyenangkan kepada para pengunjung.

Pentingnya aspek seni itu disadari oleh Ir. Ciputra ketika merancang Ciputra Artpreneur yang didirikan di lahan 10.000 meter persegi di kawasan Kuningan, Jakarta. Terdiri dari galeri seni, teater, museum, serta terhubung dengan pusat perbelanjaan dan hotel berbintang, Ciputra Artpreneur mencoba mengawinkan unsur seni dan semangat wirausaha.

“Inilah yang menginspirasi Pak Ci untuk membuat konsep Artpreneur: gabungan antara seni dan entrepreneur,” ujar Martin P. Johannes, Head of Marketing & Communications Ciputra Artpreneur.

Ciputra Artpreneur berada di kawasan ekonomi terpadu Jakarta, tepatnya di Gedung Ciputra World 1, Jalan Prof. Dr. Satrio, Jakarta Selatan. Galeri seni yang dimiliki Artpreneur memiliki luas kurang lebih 1.500 meter persegi dengan fasilitas layar proyeksi jumbo berukuran 60 x 12 meter.

Bersebelahan dengan galeri, terdapat museum berluas 700 meter persegi yang memamerkan pelbagai koleksi Ciputra.  Dengan sentuhan inovasi digital, karya-karya seni Maestro Hendra Gunawan mendominasi museum ini.

Teater Berstandar Internasional
Selain memiliki ruang galeri dan musem, Ciputra Artpreneur juga memiliki ruang teater dengan kapasitas hingga 1.200 kursi plus area pre-function berluas 1.030 meter persegi. Menurut Martin, Ciputra Theater yang memiliki desain clean dan modern ini dapat dikatakan merupakan teater dengan standar internasional pertama di Indonesia.

“Backstage kami mampu menampung 200 orang, juga dilengkapi dengan modular stage, orchestra pit, serta fly tower. Dengan tinggi 22 meter, fly tower ini bisa menjadi rigging untuk menggantung lampu-lampu tambahan, juga mempercepat perubahan scenery ketika pertunjukan tengah berlangsung,” jelas Martin.

Ciputra Theater juga dilengkapi dengan laundry room, VIP room, technical office, visiting office dan sembilan dressing room, serta wardrobe dan wig room. “Kami juga memiliki layanan teknisi sound dan lighting serta daya listrik 2MW sehingga tidak perlu membawa genset sendiri,” kata Martin.

Lokasi:
Ciputra World 1 Jakarta, Retail Podium Lv. 10-13
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5, Karet Kuningan, Jakarta 12940
P: (021) 2988 9889
F: (021) 2988 9989
W: www.ciputraartpreneur.com

Penulis: Hanifah Mutiara Sylva