Dian Ballroom Raffles Hotel Jakarta, Ballroom Baru Di Segitiga Emas Jakarta

Thursday, 01 October 15   297 Views   0 Comments   Venue

Kompetisi bisnis penyedia venue semakin ramai dengan hadirnya Dian Ballroom dari Raffles Hotel Jakarta yang beroperasi sejak akhir tahun 2014. Monica Agusta, Marketing Communication Executive Raffles Jakarta, menjelaskan, gedung serbaguna yang berlokasi di segitiga emas Jakarta itu menempati posisi kedua sebagai hotel dengan ballroom terluas di Jakarta. Dian Ballroom memiliki luas 2.500 meter persegi dengan kapasitas hingga 3.500 orang. Di posisi pertama, terdapat Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place dengan luas 3.800 meter persegi dan kapasitas 7.000 orang.

Penggunaan nama Dian pada ballroom tersebut, menurut Monica, mengacu pada nama istri Ciputra (Dian Sumeler), pemilik Ciputra Development yang mengelola Raffles Jakarta. Selain terkenal sebagai pengusaha, lulusan Institut Teknologi Bandung itu juga merupakan penikmat seni dan budaya. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan bila karya lukis milik pelukis terkenal, mendiang Hendra Gunawan, terpajang di sejumlah titik ballroom.

“Pemilihan warna yang digunakan di seluruh ruangan hotel, termasuk ballroom, terinspirasi dari warna-warna yang kerap digunakan Hendra Gunawan dalam lukisannya,” jelas Monica.

Dian Ballroom, imbuhnya, menghadirkan tema festive (pesta) dengan kesan glamor dan elegan. Hal ini terlihat dari permainan warna pada dinding yang didominasi nuansa ungu gelap dan kayu. Ballroom ini, lanjut Monica, dapat dibagi menjadi tiga bagian dengan pilihan luas 810 meter persegi dan 855 meter persegi. Ballroom ini juga sukses menghadirkan suasana lega melalui atap berketinggian sembilan meter dan dirancang tanpa pilar.

Penggunaan teknologi mutakhir pun tidak lepas dari pengelolaan ballroom ini. Sebut saja aplikasi tablet untuk mengatur pencahayaan ruangan, proyektor, serta sound system. Ada juga sistem skyhook pada langit-langit ballroom yang dapat dipasang tambahan audio, video, dan pencahayaan. “Setiap ballroom disediakan LCD proyektor berukuran 7×5 meter,” tambahnya.

Dian Ballroom beserta empat ruang pertemuan Raffles Jakarta yang berada di lantai 11 dapat diakses dari lift lobi hotel. Ballroom ini juga terkoneksi dengan Ciputra Artpreneur, teater, dan galeri seni yang berada di Ciputra World. “Untuk loading barang ke ballroom juga sangat mudah. Kami memiliki lift barang yang mampu mengangkut mobil dari bawah menuju lantai 11, tempat ballroom berada,” tuturnya.

Meski relatif baru, Dian Ballroom telah mengantongi sejumlah permintaan event, mulai dari resepsi pernikahan, seminar, dan peluncuran produk. Tingginya permintaan, kata Monica, menjadi alasan Dian Ballroom dioperasikan terlebih dahulu ketimbang Raffles Jakarta. “Dian Ballroom dibuka pada Desember 2014, sedangkan hotel baru resmi beroperasi pada Maret 2015,” ujarnya.

Fasilitas tambahan yang dimiliki Dian Ballroom dan ruang pertemuan di Raffles Jakarta adalah business center 24 jam yang terdapat di The Library Lounge. Di sini pengunjung dapat menunggu sambil menggunakan akses Internet. “Fasilitas dan kapasitas mumpuni, serta lokasi strategis, membuat kami optimistis Dian Ballroom merupakan pilihan tepat bagi event MICE di Jakarta,” katanya.

Lokasi:
Ciputra World 1
Jl. Prof. Dr. Satrio, Kav 3-5 Jakarta 12940
T: (021) 29880888
E: Jakarta@raffles.com
W: raffles.com/Jakarta

Penulis: Hanifah Mutiara Sylva