Dongdaemun Design Plaza, Venue Masa Depan Seoul

Wednesday, 08 November 17   9 Views   0 Comments   Harry Purnama
Dongdaemun Design Plaza

Mencatatkan kunjungan 315.227 wisatawan MICE pada tahun 2014, Seoul terus membangun citranya sebagai destinasi MICE lengkap. Dengan mengusung taglineSeoul, Your Complete Convention City”, kota ini mulai agresif membangun dan membina venue-venue baru untuk meeting dan konferensi, salah satunya adalah Dongdaemun Design Plaza (DDP).

Dongdaemun Design Plazamerupakan sebuah urban development landmark yang didesain oleh arsitek ternama asal Irak, Zaha Hadid, bersama dengan Samoo dari Korea Selatan. Bergaya neofuturistic, Dongdaemun Design Plaza menjadi area serbaguna di pusat Kota Seoul dengan karakter landmark yang begitu kuat.

Bangunan berwarna metal yang terkenal dengan pusat perbelanjaannya ini tampak begitu mencolok. Pembangunan Dongdaemun Design Plaza yang dimulai pada tahun 2009 dan dibuka secara resmi pada 21 Maret 2014 ini sukses menjadikan Seoul sebagai World Design Capital pada tahun 2010. Karya arsitektur yang terletak di area Dongdaemun ini memiliki luas area 85.368 meter persegi yang terdiri dari kompleks kebudayaan, lahan terbuka hijau, pusat perbelanjaan, studio kreatif, dan convention hall.

“Sejak lama, area Dongdaemun dikenal sebagai pusat fashion modern. Awalnya, tempat Dongdaemun Design Plaza sekarang berdiri adalah Stadion Dongdaemun, yang rencananya pada tahun 2000 akan dijadikan sebuah taman,” cerita Kim Jinwoo, Convention Team dan Manajer Dongdaemun Design Plaza.

Setelah dilakukan diskusi bersama tim tata kota dan The Seoul Institute, akhirnya pada tahun 2002 pemerintah Kota Seoul setuju untuk menjadikan area ini sebagai kawasan urban serbaguna. Hal paling menarik perhatian dari Dongdaemun Design Plaza adalah eksteriornya yang futuristik.

Tidak mengherankan mengingat Dongdaemun Design Plaza memiliki struktur arsitektural tiga dimensi terbesar di dunia. Apalagi kolaborasi Zaha Hadid dan Samoo ini merupakan hasil kontes desain internasional yang diselenggarakan oleh Kota Seoul, tentu kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Perempuan blasteran Irak-Inggris ini mendesain Dongdaemun Design Plaza sesuai dengan kedinamisan area Dongdaemun yang selalu ramai sepanjang hari. Desain ini ia namakan “Metonymic Landscape”, yang menggunakan pendekatan sejarah, budaya, sosial, dan ekonomi area Dongdaemun sebagai fondasinya, serta membawa kesan baru menuju masa depan.

“Dongdaemun Design Plaza juga sangat ramah lingkungan. Pencahayaan dan sirkulasi air di bangunan ini menggunakan teknologi hemat energi dan aman untuk lingkungan,” tambah Jinwoo.

Dari sekian banyak fungsi Dongdaemun Design Plaza, yang membuatnya menjadi perhatian industri MICE adalah Art Hall. Ruangan serbaguna dengan luas 4.953 meter persegi ini seluruhnya berwarna putih dengan tinggi langit-langit mencapai 16 meter tanpa pilar. Dengan demikian, ruang ini cocok untuk menyelenggarakan beragam acara, termasuk pameran, konvensi, dan konferensi karena mampu menampung hingga 2.000 orang.

Art Hall terdiri dari tiga ruangan, yaitu Art Hall 1 berluas 2.991 meter persegi, Art Hall 2 (1.547 meter persegi), dan International Conference Hall (414 meter persegi). Semua ruangan ini menggunakan pencahayaan lampu LED hemat energi.

Dongdaemun Design Plaza

“Karena Dongdaemun Design Plaza dikenal sebagai pusat industri kreatif, kebanyakan acara yang digelar di sini berhubungan dengan industri tersebut, seperti pameran desain atau fashion show. Namun, kami juga terbuka untuk acara korporasi, forum internasional, dan lain-lain,” tutur Jinwoo.

Untuk mendukung kebutuhan ini, Art Hall juga memiliki satu ruang VIP, satu Business Lounge, dua ruang tunggu, satu Costumer Support Room, dan in-house catering service. Untuk pertemuan-pertemuan berskala lebih kecil, DDP juga menyediakan beberapa ruangan selain Art Hall, di antaranya Design Seminar Room. Dengan luas 264 meter persegi, ruangan ini mampu menampung hingga 100 orang. Selain itu ada DDP Media Room berluas 80 meter persegi yang mampu menampung hingga 20 orang, Book Seminar Room berluas 141 meter persegi, serta Design Exhibition Hall yang memiliki area 1.216 meter persegi.

DDP juga memiliki area kebudayaan, yaitu Dongdaemun History & Culture Park. Di dalamnya terdapat beberapa ruang yang dapat digunakan untuk pameran, yakni Gallery Moon dengan luas 341 meter persegi dan Yigansu Exhibition Hall (604 meter persegi).

“Masih ada area outdoor di Oulim Square yang baru-baru ini dijadikan arena fashion show, luasnya mencapai 5.891 meter persegi,” jelas Jinwoo.

Bila ingin berkeliling selagi mengikuti event atau konferensi, DDP menyediakan banyak toko menarik yang menjadi tempat berdagang desainer-desainer lokal. DDP juga tersambung langsung dengan subway Dongdaemun History & Culture Park Station serta akses langsung menuju pusat perbelanjaan Dongdaemun yang buka 24 jam.

Keunikan Dongdaemun membuatnya masuk dalam “52 Tempat untuk Dikunjungi pada Tahun 2015” oleh surat kabar New York Times. Perlahan, Dongdaemun Design Plaza menjadi salah satu ikon Seoul sebagai kota konvensi.

“DDP juga merupakan kepanjangan dari Dream, Design, & Play. Dengan semboyan ini kami ingin menjadikan DDP sebagai tempat terwujudnya mimpi dan membawa Korea Selatan, khususnya Seoul, ke masa depan dan lebih dikenal dunia,” tutup Jinwoo.

Alamat

D281, Eulji-ro, Jung-gu

Seoul 100-197

T: +82-2-2153-0408, +82-2-2153-0000

W: ddp.or.kr/