Gedung Pameran Di Jalur Padat Surabaya

Thursday, 15 October 15   168 Views   0 Comments   Venue

Jatim International Expo‚??yang sekarang berubah nama menjadi JX International‚??merupakan gedung pameran kebanggaan masyarakat Surabaya. Lokasi strategis merupakan salah satu keunggulannya.

JX International terletak di Jalan Ahmad Yani 97-115 yang merupakan jalur tersibuk di Surabaya. Kendaraan yang hendak masuk atau keluar dari Surabaya pasti melaluinya. Jalan itu juga terhubung langsung dengan tol menuju pelabuhan Tanjung Perak dan Bandara Juanda. Tak heran, jalan ini baru mulai lengang selepas pukul 18.30.

“Lalu-lintas yang padat itu membuat pengemudi pasti memandang gedung ini, inilah promosi pameran yang efektif,” ujar Rachmad W Wibowo, Manajer Marketing JX International.

JX International berdiri di atas lahan seluas 3,2 hektare. Bangunan fisiknya seluas 1,6 hektare, ditambah 1,6 hektare lahan parkir. Sebagai ruang pamer, konferensi, pergelaran musik, dan acara seremoni, gedung ini dirancang tanpa tiang.

Kapasitas JX International mencapai  8.200 kursi dengan sistem teater, serta 550 meja bulat dengan kapasitas 5.500 orang. Di dalamnya terdapat area seluas 400 meter persegi yang dapat difungsikan sebagai toko, kafe, atau restoran saat pameran berlangsung. Lahan parkir di sebelah selatan bisa menampung 500 mobil dan 200 sepeda motor. Itu masih ditambah lahan parkir di basement dengan kapasitas 200 mobil.

Gedung ini cocok untuk menyelenggarakan pameran industri berat. Lantai gedung mampu menopang beban seberat 1.300 kg/m2. Ada tiga pintu barang yang disiapkan. Satu unit pintu loading barang terbesar selebar 12 meter dengan tinggi 6 meter. Dua pintu lainnya selebar 9 meter dan tinggi 4 meter.

JX International dilengkapi CCTV yang terhubung dengan 32 monitor keamanan. Kamera ini merekam ruang pameran dan tempat parkir selama 24 jam non-stop. Tersedia pula 200 sambungan telepon dan akses Internet. Kapasitas listrik JX International mencapai 1.100 KVA dengan generator berkekuatan 1.600 KVA. Pendeknya, dari segi fasilitas dan kapasitas, pihak pengelola menjamin gedung ini memang layak menjadi tempat bagi pameran internasional.

Hanya ada satu kekurangan yang cukup mengganggu. Tiap kendaraan yang hendak memasuki area JX International, mesti melalui rel kereta yang melintang tepat di muka pagar. Ini bisa menimbulkan kemacetan bagi pengunjung pameran.¬† Namun, bagi Rachmad, itu justru ada sisi positifnya. “Kalau dari sisi posisi rel memang mengganggu, tapi dari sisi promosi menguntungkan karena macetnya membuat terhenti di depan bangunan ini. Cobalah pasang baliho atau reklame besar di sana,” ujarnya. (Baca juga: Angsana Ballroom, Tawaran Anyar di Kemayoran)

Alamat:

Jl. Ahmad Yani, No 97-115, Surabaya

T: (031) 848 4888, (031) 848 0188, (031) 848 0199

Penulis: Harry Purnama