Kuala Lumpur Convention Center, Venue Unggulan Malaysia

Friday, 10 July 15   20 Views   0 Comments   Venue

Kuala Lumpur Convention Center terintegrasi dengan kompleks Kuala Lumpur City Centre yang berkonsep kota dalam kota. Terletak di jantung kota, Kuala Lumpur Convention Centre (KLCC) tak memerlukan waktu lama untuk memenangkan hati para penyelenggara event. Sepanjang 2006 ada 430 kegiatan yang berlangsung di KLCC, 47 di antaranya bertaraf internasional, sisanya lokal dan nasional.

“Ini prestasi menggembirakan mengingat 2006 adalah tahun pertama kami resmi beroperasi,” kata Peter Brokenshire, General Manager Kuala Lumpur Convention Centre. Beberapa acara yang pernah berlangsung di sana di antaranya 39th ASEAN Ministerial Meeting (AMM), The Post-Ministerial Conferences (PMC), dan The 13th ASEAN Regional Forum (ARF).

Bangunan seluas lebih dari 20.000 meter persegi ini memiliki dua auditorium dengan kapasitas 3.000 tempat duduk, exhibition hall seluas 9.710 meter persegi, grand ballroom yang mampu menampung 2.000 undangan, serta hall banquet untuk 500 orang.

Venue ini juga siap dengan ruang konferensi yang sanggup menampung 1.800 partisipan. Tersedia pula 20 ruang pertemuan yang masing-masing besarnya bervariasi, mulai dari 43 hingga 224 peserta.â?¯Ada pula ruangan khusus untuk Very Important Person (VIP), panitia acara, jurnalis, ruang ganti pakaian, tempat ibadah, penitipan barang, sampai ruang medis.

Plenary hall yang luas dilengkapi dengan layar proyeksi berukuran besar, disertai pencahayaan panggung yang bagus, dan peralatan audio yang prima. Fasilitas teknisnya juga memungkinkan alur penerjemahan ke dalam tujuh bahasa secara serentak. Area belakang panggung dapat diakses dengan mudah melalui lift dan eskalator. Jalur khusus barang memudahkan penyelenggara dan peserta pameran memasukkan dan mengeluarkan barang dari exhibition hall. Tersedia pula gudang penyimpanan.

Venue ini terintegrasi dengan kompleks Kuala Lumpur City Centre yang berkonsep kota dalam kota. Meskipun luas seluruh kompleks mencapai 100 acre, berjalan kaki di KL City Center tak terasa melelahkan. Lokasinya dilingkupi taman seluas 50 acre yang nyaman dengan pemandangan Menara Kembar Petronas yang tersohor.��

Salah satu keunggulan Kuala Lumpur Convention Centre adalah lokasinya yang dekat dengan sarana akomodasi. Di sekitar KLCC saja sedikitnya berdiri tiga hotel yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Traders Hotel Kuala Lumpur, yang terletak di sayap timur, adalah hotel bintang empat dengan 571 kamar. Dari lobinya kita dapat langsung menuju KLCC.â?¯

Ada pula Mandarin Oriental Kuala Lumpur dengan 643 kamar dan Impiana KLCC Hotel dengan 335 kamar. Dalam jarak tempuh 10 menit juga masih tersedia hotel-hotel bintang empat dan lima lainnya dengan kapasitas total 10.000 kamar.

Menurut Brokenshire, Kuala Lumpur Convention Centre memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan jumlah pengunjung ke berbagai acara di Kuala Lumpur.â?¯”Misalnya,â?¯Offshore Asia Conference & Exhibition 2006, dihadiri 2.200 orang. Jumlah ini tiga kali lipat lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang diselenggarakan di venue lain,” ucap Brokenshire.

Berdiri sejak Juni 2005, Kuala Lumpur Convention Centre dibangun denganâ?¯investasi senilai 500 juta RM (US$ 146 juta). Gedung ini dikelola dan dioperasikan oleh Convex Malaysia Sdn Bhd, yang merupakan perusahaan joint venture antara KLCC (Holdings) Sdn. Bhd. dan Ogden International Facilities Corporation Pty Ltd., Australia.