MCEC Undang Turis MICE dalam Hari Pameran Dunia

Monday, 06 June 16   5 Views   0 Comments   Venue

Australia bakal menggelar berbagai acara dan pameran untuk merayakan Hari Pameran Dunia perdana, yang digelar di Melbourne Convention and Exhibition Centre (MCEC) pada Rabu 8 Juni 2016. Pameran yang digelar oleh Melbourne Convention and Exhibition Centre ini bertujuan untuk menguji secara langsung dampak dari event MICE terhadap perekonomian lokal yang memicu inovasi, perdagangan, dan pengembangan usaha. 

Sebagai pembukaan Hari Pameran Dunia itu, Melbourne Convention and Exhibition Centre mengundang inovator dan futuris Justin Baird yang akan membahas bagaimana laju perubahan dalam teknologi dan sifat bisnis global pada masa mendatang. Ia juga akan memaparkan bagaimana kekuatan pameran dalam bisnis yang terus berubah. 

Acara yang diperuntukkan bagi publik ini digratiskan agar semakin banyak peserta yang memberikan perspektif yang berbeda pada industri pameran Australia. Acara gratis pada hari pertama itu terselenggara berkat kerja sama Melbourne Convention and Exhibition Centre dengan Asosiasi Pameran dan Event Australia (EEAA). EEAA menggelar acara ini dalam serangkaian kampanye mengenai bisnis pameran di berbagai negara bagian. 

Melbourne Convention and Exhibition Centre mencatat sepanjang 2013-2014 lebih dari 2.000 pameran diadakan di seluruh Australia dan menarik lebih dari sembilan juta pengunjung. Pameran ini mendatangkan devisa sebesar AUS$3,1 miliar dan memberikan kontribusi nilai ekonomi langsung sebesar AUS$1,5 miliar. 

Peter King, Chief Executive Melbourne Convention and Exhibition Centre, mengatakan, perhelatan Hari Pameran Dunia pertama ini sangat penting bagi industri pameran Australia. Dengan demikian, pemerintah dan negara makin menyadari peran penting industri pameran dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional. 

“Kebanyakan masyarakat dan pemerintah tidak menyadari betapa kuat dan berpengaruhnya sektor pameran dalam bisnis yang lebih luas. Pada 2013-2014 saja sektor ini menghasilkan lebih dari 21.000 pekerjaan bagi penyelenggara pameran dan peserta pameran di Australia,” ungkap King. Negara bagian Victoria menjadi tuan rumah pameran terbesar, mereka menerima sekitar 20 persen dari total pendapatan Melbourne Convention and Exhibition Centre. 

Melbourne Convention and Exhibition Centre baru-baru ini mengumumkan rencana untuk memperluas dan menambahkan ruang baru yang total mencapai 40.000 meter persegi. Perluasan ini diharapkan dapat menumbuhkan bisnis pameran dan konferensi, serta memberi pasar baru bagi bisnis perhotelan yang juga sedang tumbuh. 

“Dalam ruang pameran tambahan kami akan menambahkan teater dengan tempat duduk untuk 1.000 orang yang menjanjikan fleksibilitas dalam setiap pertunjukan,” imbuh King.

Penulis: Ludhy Cahyana