Rapat Berkonsep Klasik Ala Oktroi Plaza

Thursday, 05 January 17   0 Views   0 Comments   Venue

Daerah Kemang di Jakarta Selatan populer sebagai tempat untuk menikmati beragam kuliner serta hiburan malam. Namun, siapa sangka di tengah pusat hiburan tersebut ada sebuah fasilitas ruang meeting untuk beragam kegiatan bisnis meskipun di Kemang tidak banyak terdapat perkantoran.

Fasilitas penyewaan ruang meeting tersebut berlokasi di gedung Oktroi Plaza. Awalnya, Gedung setinggi delapan lantai ini digunakan sebagai perkantoran dan service apartment. Namun, pada Agustus 2004, Toeti Heraty Roosseno selaku pemilik gedung memiliki ide untuk menyediakan ruang serbaguna untuk disewakan sebagai tempat meeting maupun kegiatan lainnya.

“Pasar penyewaan ruang serbaguna sangat menggiurkan di daerah Kemang karena belum ada persaingan,” ujar Sari Sarengat, Marketing and Operational Manager Oktroi Plaza. “Kelebihan dari Oktroi Plaza adalah lokasi yang strategis, dekat dengan tempat belanja maupun restoran di daerah Kemang. Dari sisi harga juga terjangkau.”

Oktroi Plaza memiliki satu ruang pertemuan dengan kapasitas 20 orang, serta ballroom dengan luas 406 persegi yang dapat menampung hingga 600 orang. Sari mengatakan, ballroom tersebut kerap digunakan untuk acara pesta pernikahan dalam skala menengah. Ada pula ruang sinema yang dapat menampung hingga 25 orang. Ruang sinema sangat cocok bagi keluarga yang ingin melakukan pertemuan santai maupun perusahaan yang ingin melakukan meeting dengan suasana santai.

Fasilitas yang diberikan apabila menyewa ruang di Oktroi Plaza antara lain proyektor, sound system, layar berukuran 2 x 3 meter, serta perlengkapan alat tulis. Harga yang dipatok adalah Rp250.000 per orang, sudah termasuk satu kali makan siang dan dua kali coffee break. Untuk pemesanan, Sari menyarankan untuk melakukannya minimal seminggu sebelumnya.

“Tantangan yang dihadapi tahun ini permintaan menurun karena ¬†semakin banyak saingan. Hotel bujet maupun hotel berbintang banyak dibangun di kawasan Kemang yang ¬†menyediakan fasilitas ruang meeting atau ballroom. Selain itu, restoran-restoran juga menyediakan tempat untuk meeting,” kata Sari.

Untuk menghadapi tantangan itu, Sari mengatakan, Oktroi Plaza terus melakukan promosi melalui media digital serta memerhatikan permintaan pasar, menyesuaikan harga pasar, serta menjaga hubungan baik dengan klien yang pernah melakukan kegiatan bisnis di Oktroi Plaza.

Sepanjang tahun 2016, pasar yang menggunakan ruang meeting di Oktroi Plaza hampir sebanding antara korporat dengan lembaga pemerintahan, yakni 50:50. Pada 2017, Sari berharap tingkat pemakaian ruang meeting di Oktroi Plaza akan mencapai angka 85 persen. 

Penulis: Ahmad Baihaki