Venue Raksasa di Gedung Tertinggi Indonesia

Friday, 03 November 17   15 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
The Westin Jakarta

The Westin Jakarta merupakan salah satu hotel bintang lima yang terbilang baru beroperasi di Jakarta. Keunikan dan keunggulan hotel ini adalah pada lokasinya yang berada di bangunan tertinggi di Indonesia sehingga setiap kamar memiliki pemandangan yang luas ke sekeliling kota Jakarta.

The Westin Jakarta sendiri berlokasi di Gama Tower, Jl. HR Rasuna Said Kav. C-22 Kuningan, dengan ketinggian 288,6 meter dan memiliki 69 lantai–The Westin berada di 20 lantai teratas. Selain itu, ballroom di hotel ini juga menjadi salah satu yang terbesar di daerah Kuningan.

Desiree Merlina, Director of Marketing Communication The Westin Jakarta, The Westin Jakarta memiliki Java Ballroom yang megah. Lokasi ballroom yang ada di lantai dasar membuat para pengguna ballroom tersebut dapat mengaksesnya dengan mudah.

Java Ballroom memiliki luas 1.094 meter persegi dengan kapasitas hingga 1.200 orang (standing). Apabila ditambah area pre-function yang memiliki luas 338 meter persegi, kapasitas tamu bisa mencapai 1.500 orang. Apabila ingin menggunakan ruang yang lebih kecil, Java Ballroom bisa dibagi menjadi dua, yakni East Java dan West Java, dengan kapasitas masing-masing maksimal 500 orang.

“Panggung di Java Ballroom bisa dipindah-pindah ke posisi mana saja, bisa portrait maupun landscape. Kita mengutamakan kemudahan bagi para tamu hotel untuk melakukan kegiatan di ballroom The Westin Jakarta,” ujar Desiree.

Adapun fasilitas lain yang didapat apabila menyewa ballroom ini antara lain layar proyektor, mic nirkabel, notepad, alat tulis, dan lainnya. “Semua serba dimudahkan di sini, lebih lengkap dan juga lebih mudah dijangkau setiap ruangnya. Untuk musala juga dapat menampung hingga 15 orang, dan jaraknya tidak jauh dari ballroom,” kata Julia Veronica, Director of Catering The Westin Jakarta.

“Area ballroom juga dekat dengan ruang breakout yang biasa disebut sebagai ruang khusus untuk ruang ganti kostum, ruang make up, dan sebagainya,” ujar Julia.

Selain itu, The Westin juga memiliki delapan ruang meeting lain yang berada tepat satu lantai di atas Java Ballroom untuk digunakan berbagai keperluan. Kapasitasnya bervariasi, mulai dari 15 hingga 150 orang (standing).

Area foyer Java Ballroom

Area foyer Java Ballroom.

Julia mengatakan, para tamu akan diberikan kenyamanan dan kemudahan dalam mengadakan kegiatan di The Westin Jakarta, seperti lokasi yang strategis, fasilitas yang lengkap, dan pelayanan yang serba-cepat, baik meng-handle costumer maupun memenuhi setiap kebutuhan tamu dalam melakukan suatu kegiatan.

Meskipun baru dibuka sekitar satu tahun, ballroom The Westin Jakarta sudah melayani rata-rata 50 kegiatan, seperti pernikahan, seminar, konferensi, maupun gathering. Adapun klien yang menggunakan Java Ballroom adalah dari perusahaan swasta, lembaga pemerintah, dan kedutaan besar.

Java Ballroom pun pernah digunakan untuk peluncuran mobil baru dari salah satu merek terkenal. Hal itu dikarenakan Java Ballroom memiliki loading door sekitar 2,6 meter. Selain itu, lahan parkir yang tersedia juga bisa menampung hingga 1.000 mobil.

Untuk bisa menggunakan Java Ballroom, para klien disarankan sudah harus memesan tempat satu tahun sebelumnya untuk kegiatan resepsi pernikahan. Sementara untuk kegiatan MICE yang biasa diadakan pada weekday dapat memesannya tiga bulan sebelum acara. “Bahkan sekarang ini ada booking-an untuk event di tahun 2019 skala internasional,” ujar Julia.

Desiree mengatakan, The Westin Jakarta didesain oleh Hirsch Bedner Associates (HBA), salah satu  perusahaan desain interior perhotelan terkemuka di dunia. Mereka diberikan tantangan untuk mendesain The Westin dengan mengangkat elemen-elemen Indonesia di seluruh area hotel, termasuk di dalam Java Ballroom.

Interior Java Ballroom dihias dengan bunga trompet yang menjuntai, serta terdapat lampu gantung dengan konsep interior botani (tumbuh-tumbuhan), seperti daun atau bunga-bunga. Desiree menjelaskan, desain interior ini terinspirasi dari tekstur alami organik.

The Westin Jakarta—yang merupakan bagian dari Starwood Hotels & Resorts—beroperasi sejak 26 Agustus 2016. Hotel bintang lima ini memiliki 256 kamar dan suite.