Kemenparekraf Luncurkan 65 Sport Music dan Creative Event

Tuesday, 31 January 23 Bonita Ningsih

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) secara resmi meluncurkan ‘Sportive 2023’ yaitu Sport, Music, dan Creative Event. Peluncuran Sportive bersamaan dengan peresmian program Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 yang digelar di Teater Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, pada 28 Januari 2023. 

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan bahwa Sportive di Indonesia sangat beragam dan telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Misalnya saja event olahraga atau sport tourism yang banyak diselenggarakan setiap tahunnya dan telah memiliki peminat besar di dalamnya.

“Contohnya saja seperti acara yang akan kami selenggarakan yaitu World Beach Games 2023. Jadi,  event seperti ini akan semakin banyak, tidak hanya diadakan di Jakarta dan Bali tapi juga di daerah-daerah lain yang akan turut meningkatkan pariwisata,” ungkap Sandiaga.

Sementara itu, KEN 2023, akan menjadi salah satu upaya Kemenparekraf dalam menggeliatkan ekonomi dengan menghadirkan event-event daerah yang berkualitas. Menurutnya, kedua program ini akan menjadi pendukung Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia Aja yang baru-baru ini diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Gerakan ini mengajak lebih banyak masyarakat berwisata di Indonesia di dalam negeri dan mendongkrak pertumbuhan wisatawan nusantara hingga dua kali lebih banyak.

BACA JUGA:   Kemenparekraf Pilih 12 Festival Internasional di Kalimantan Untuk Kharisma Event Nusantara 2022

Melalui gerakan tersebut, ia juga mengajak pemerintah pusat, pemerintah daerah, asosiasi, komunitas, dan stakeholder industri event untuk berkolaborasi di dalamnya. Tak hanya memperbanyak event, tetapi, juga atraksi-atraksi di dalamnya dan juga memperbaiki kualitas destinasi di sekitarnya.

Oleh sebab itu, Kemenparekraf, secara komitmen menghadirkan 110 event unggulan ke dalam KEN 2023. Ratusan event tersebut telah dikurasi dari 291 event usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia sejak bulan November hingga Desember 2023. 

BACA JUGA:   Kolaborasi Kemenparekraf dan Flight Centre Travel Group untuk Tingkatkan Kunjungan Wisman Australia

Sementara itu, pemerintah juga akan menghadirkan 65 Sport Music dan Creative Event yang akan menjadi magnet untuk menarik kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. Melalui event-event tersebut, diharapkan dapat meningkatkan citra pariwisata Indonesia dan dapat dinikmati secara baik oleh para wisatawan.

KEN 2023 sendiri telah memasuki tahun ketiga dan dilakukan melalui tiga tahapan utama yaitu seleksi administrasi, konsep, dan wawancara. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kurasi KEN 2023 dilakukan berdasar pada lima bidang penilaian. Kelima bidang tersebut adalah Bidang Pariwisata dan Ekraf, Bidang Inovasi dan Kreativitas, Bidang Manajemen Event, Bidang Strategi Komunikasi, serta Bidang Pengembangan Bisnis dan Pemasaran.

“KEN 2023 mampu mendorong kebangkitan daerah, saya melihat dari setiap event dari Sabang sampai Merauke, semua mampu untuk menggerakkan perekonomian daerah, mulai dari event budaya, olahraga, sampai juga yang berkaitan dengan festival. Saya juga melihat bahwa kunci kebangkitan ekonomi bisa kita lakukan jika event-event ini dilakukan lebih berkualitas,” kata Sandiaga.

BACA JUGA:   Nussa Ajak Penonton Kembali Ke Bioskop

Dengan kehadiran KEN, event-event daerah semakin menggeliat sehingga memberikan manfaat yang besar bagi para UMKM sekitar. Seperti pada tahun 2022, tercatat ada lebih dari 3 juta pergerakan wisatawan dengan melibatkan lebih dari 11.000 UMKM saat diselenggarakan sebuah event daerah.

Bahkan, KEN juga turut membuka penyediaan lapangan kerja dan menyerap 55.000 pelaku seni atau event, 11.000 pekerja, dan 250 asosiasi/komunitas. Kolaborasi dan resiliensi tersebut patut diapresiasi dari Pemerintah Pusat, Daerah, Asosiasi, Komunitas, dan stakeholders industri event lainnya.