Kemenparekraf Siapkan 110 Event dalam KEN 2023

Wednesday, 25 January 23 Bonita Ningsih

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan meluncurkan Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 pada 28 Januari mendatang. KEN 2023 akan diumumkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, bertempat di Teater IMAX Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Saat menggelar “The Weekly Brief With Sandi Uno”, Sandiaga, menjelaskan KEN 2023 akan berisikan 110 event unggulan dalam bentuk pertunjukan seni, budaya hingga pameran produk UMKM. Menurutnya, 110 event tersebut merupakan hasil kurasi dari kurang lebih 300 event yang diusulkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi yang ada di Indonesia.

BACA JUGA:   Memasuki 21 Tahun Penyelenggaraan, IFRA Hadir di Tempat Baru

“Kita akan gelar di Taman Mini karena saat ini Taman Mini punya wajah baru setelah dilakukan renovasi. Kita gelar KEN 2023 dengan tajuk Karisma Event Nusantara Festival,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan dari 110 event tersebut akan ada 10 event terbaik yang dihadirkan dalam acara Karisma Event Nusantara 2023. 10 event terbaik telah dipilih dari 34 provinsi dengan tujuan untuk mempromosikan KEN ke dalam lingkup Bangga Berwisata di Indonesia. 

“Top 10 ini akan dikemas dalam bentuk festival dan showcase kekayaan budaya dan event nusantara. Nantinya, seluruh event di KEN akan memiliki enam area aktivasi interaktif mulai dari seni dan budaya, mini event sampai juga pameran produk UMKM, boga, kriya dan wastra,” ucap Sandiaga.

BACA JUGA:   Menjalin Hubungan Lebih Erat Melalui Olahraga

Penentuan event KEN 2023 dilakukan melalui proses kurasi yang melibatkan delapan profesional dan ahli di bidang masing-masing. Kurasi dilakukan selama satu bulan penuh yaitu November hingga Desember 2022. 

“Saya berharap kepala daerah dapat hadir di acara launching ini dan dapat terus meningkatkan kualitas eventnya menjadi daya tarik di daerahnya,” Sandiaga menambahkan. 

Selain itu, dia juga meminta agar event tahunan terbaik yang digelar di setiap daerah dapat terus diperbaiki ke depannya. Sandiaga juga mendorong event-event daerah lainnya untuk lebih berkembang agar dapat menjadi daya tarik wisata baru bagi wisatawan. 

BACA JUGA:   Garuda Indonesia Buka Rute Baru Kendari-Wakatobi

“Misalnya event-event fenomenal di Bali dan juga Sumatera Selatan, harus bisa lebih baik ke depannya. Festival lainnya juga sudah kita dorong agar dapat membuka peluang usaha dan menggeliatkan ekonomi daerahnya,” ucapnya lagi.