Macao Tourism and MICE Product Updates Hadirkan 104 Pelaku Industri di Jakarta 

Wednesday, 29 November 23 Bonita Ningsih

Pariwisata dunia telah memasuki era baru sejak meredanya pandemi Covid-19, seperti halnya yang dirasakan di Macau. Pemerintah setempat pun telah mempersiapkan berbagai cara agar dapat kembali menarik minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke daerahnya.

Salah satu negara yang tengah menjadi incaran Macau untuk berkunjung ke daerahnya adalah Indonesia. Oleh sebabnya, pemerintah setempat menghadirkan sebuah acara bertajuk Macau Tourism and MICE Product Updates pada 29 November 2023 di Jakarta.

Acara ini terlaksana atas kerja sama antara The Macao Government Tourism Office (MGTO), the Macao Trade and Investment Promotion Institute (IPIM), dan juga Air Macau. Acara ini juga sebagai tanda bahwa telah diresmikannya penerbangan langsung Macau dan Jakarta oleh Air Macau.

BACA JUGA:   Kemenparekraf Paparkan Capaian Kinerja Tahun 2023 

“Kami melihat ada potensi besar dari Indonesia untuk berkunjung ke Macau. Oleh sebabnya, acara ini secara khusus kami hadirkan,” kata Dr. Cheng Wai Tong selaku Deputi Direktur Macao Government Tourism Office (MGTO).

Berdasarkan data yang diperoleh, Indonesia memiliki potensi besar bagi pasar perjalanan di Asia Tenggara.  Indonesia menduduki peringkat ketiga di antara pasar wisata internasional Macau dan keenam di antara 10 pasar wisatawan terkemuka. 

“Untuk saat ini, angka kunjungan sementara wisatawan Indonesia ke Macau adalah sekitar 120 ribu pada periode Januari hingga November 2023,” ujarnya lagi.

Dalam acara ini, pihak Macau membawa sejumlah delegasi yang mewakili sektor perdagangan, MICE, dan pariwisata Macau, serta para Chinese returnees. Delegasi ini berangkat ke Jakarta untuk melakukan promosi dan sosialisasi destinasi yang terdiri dari serangkaian acara termasuk presentasi, networking dinner, dan minimarket. Dengan tujuan untuk mempromosikan Macau sebagai destinasi multiaset untuk pariwisata, MICE, dan perdagangan.

BACA JUGA:   Hong Kong Bagikan 500 Ribu Tiket Pesawat Gratis, Menparekraf: Ini Bukan Persaingan

Macao Tourism and MICE Product Updates secara khusus menghadirkan inovasi dinamis dalam produk pariwisata dan juga MICE (Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions) daerahnya. Hal ini menjadi  ujung tombak komitmen Macau terhadap keunggulan pariwisatanya baik untuk keperluan bisnis maupun hiburan.

Sebanyak 104 peserta bergabung dalam presentasi Macao Tourism and MICE Product Updates 2023 di Indonesia. Terdiri dari networking luncheon, minimart, delegasi Macao, hingga perwakilan dari sektor pariwisata, MICE, perdagangan Indonesia, dan media. 

Sementara itu, partisipan asal Indonesia yang hadir dalam acara ini berjumlah kurang lebih 60 orang yang berasal dari pelaku usaha pariwisata, MICE, hingga media. Partisipan asal Indonesia mendapatkan informasi dan situasi terkini terkait pariwisata dan MICE di Macau melalui presentasi MGTO dan IPIM.

BACA JUGA:   Toboali City On Fire 2017 Tampilkan 16 Program Unggulan

Peserta industri dari kedua belah pihak terhubung dan menjelajahi peluang bisnis secara bersamaan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan masing-masing. Narasi kolaboratif ini merupakan era baru dalam pariwisata global, di mana Macau muncul sebagai mercusuar inovasi dan kolaborasi.