Pameran Instalasi Boneka Hadir di ARTOTEL Thamrin Jakarta

Monday, 30 October 23 Bonita Ningsih

Menutup akhir tahun 2023, ARTOTEL Thamrin Jakarta, kembali menghadirkan sebuah pameran untuk tamu dan masyarakat sekitar. Kali ini, ARTOTEL Thamrin Jakarta, menghadirkan pameran tunggal karya Vonny Ratna Indah bertema “Alive” mulai tanggal 27 Oktober 2023 hingga 21 Januari 2024.

Alive merupakan pameran karya seni yang mengangkat tema tentang perempuan. Vonny mengangkat tema ini karena melihat banyak pembahasan menarik terkait sosok feminis yang dikenal memiliki sifat lebih sensitif. 

Di era modern, perempuan memiliki kesetaraan dengan lelaki sehingga ia bisa melakukan apapun tanpa batasan. Bahkan, perempuan dianggap bisa berperan lebih banyak dari seorang lelaki dan mampu menjalani hidup dengan percaya diri. Namun dibalik kesuksesan seorang perempuan, banyak fase sulit yang dilewati dan ia masih tetap berjuang untuk menjalani kehidupannya.

BACA JUGA:   Java Jazz 2022 Siap Hadir Di Tengah Pandemi

Vonny menjelaskan, karya yang ditampilkan kali ini terinspirasi dari film animasi Coraline dan kisah hidupnya yang telah dijalani selama 20 tahun lebih. Vonny menghadirkan kisah-kisah tersebut dalam sebuah medium boneka dan juga lukisan yang dapat disaksikan secara langsung oleh tamu ARTOTEL Thamrin Jakarta.

Setiap boneka memiliki cerita tersendiri yang dihadirkan dengan gestur manusia tidak wajar dan juga patah-patah. Hal itu menyimbolkan bagaimana seorang perempuan tetap berjuang lewat kejadian traumatik, cerita drama kehidupan di pekerjaan, patah hati, impian yang kandas, hingga keceriaan hidup. 

“Karya saya ini diartikan bahwa hidup tidak semuanya indah, hidup ada kegagalan juga. Namun, semangat hidup itu menjadi luar biasa dan itu yang ingin saya sampaikan di sini dengan Alive,” kata Vonny.

BACA JUGA:   Dyandra New Adventure 2020 Ditunda

Windi Salomo, ART Director ARTOTEL Group, mengatakan bahwa Alive menjadi pameran paling unik yang dihadirkan ARTOTEL Thamrin Jakarta untuk menutup akhir tahun. Pasalnya, ARTOTEL Group, belum pernah menyelenggarakan sebuah pameran dengan sebuah objek yang berbentuk tiga dimensi seperti boneka. 

“Awalnya kami pikir ini akan menjadi sulit karena boneka itu mudah dipegang orang. Namun, ternyata Vonny tidak masalah akhirnya kami coba hadirkan karya-karyanya di sini,” ujar Windi.

Selain itu, pameran Alive menjadi spesial baginya karena karya Vonny mampu menampilkan satu cerita tentang perempuan lewat instalasi boneka dan lukisan. Dengan demikian, diharapkan agar pameran seni kontemporer ini bisa dinikmati dengan cara berbeda, namun tetap bisa memberikan pesan di setiap karyanya.

BACA JUGA:   Four Points By Sheraton Balikpapan Menandakan Debutnya di Kalimantan Timur

“Ke depannya, kami akan terus mencoba explore karya-karya para seniman yang memiliki medium tiga dimensi seperti ini. Selama ini, kami menerima banyak sekali ide-ide kreatif dan proses berkarya yang berbeda dari para seniman sehingga kami perlu mengapresiasinya,” ucapnya lagi.

Pameran Alive dapat disaksikan oleh umum tanpa biaya masuk melalui Art Space yang terletak di lantai mezzanine ARTOTEL Thamrin Jakarta. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi terkait pameran seni Alive dapat menghubungi ARTOTEL Thamrin Jakarta di nomor 021-3192 5888 atau Whatsapp +62 816-1610-555.