Rayakan Ulang Tahun Ke-61, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta Hadirkan Pameran Museum Warna Nusantara

Wednesday, 09 August 23 Bonita Ningsih

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta baru saja merayakan hari jadinya ke-61 pada 5 Agustus 2023. Untuk merayakannya, hotel bintang 5 ini telah menyiapkan serangkaian acara seni dan budaya dengan mengambil tajuk Gilang Gemilang.

Beberapa acara yang digelar adalah Pameran Museum Kekayaan Warisan Nusantara dengan tema Warna Nusantara. Lalu ada “Aroma” sebuah sajian hidangan cita rasa nusantara serta “Pentas” pagelaran seni musik oleh berbagai musisi Indonesia. Rangkaian acara perayaan seni dan budaya nusantara akan dimulai pada 8 hingga 31 Agustus 2023 mendatang. 

“Selama 61 tahun berdiri, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta bukan hanya sebagai tempat menginap, tetapi juga destinasi favorit di Jakarta yang mengedepankan budaya di dalamnya,” ujar Harald Fitzek, General Manager Hotel Indonesia Kempinski Jakarta saat konferensi pers di Jakarta pada 8 Agustus 2023.

Fitzek menjelaskan, di usia ke-61 tahun ini, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta menghadirkan pameran mini museum yang menampilkan koleksi dari Museum Tekstil serta Museum Seni Rupa dan Keramik. Hadir di lobi utama hotel, pameran ini merupakan kolaborasi antara Yayasan Mitra Museum Jakarta bersama Museum Seni Rupa dan Keramik serta Museum Tekstil.

BACA JUGA:   Nikmati Sunday Brunch Buffet di Swiss-CaféTM Restaurant Pondok Indah

Sri Kusumawati, Kepala Unit Pengelola Museum Seni DKI Jakarta, mengatakan bahwa ini merupakan kolaborasi kedua kalinya yang sebelumnya telah dilakukan pada tahun 2019. Museum Seni DKI Jakarta berada di bawah Dinas Kebudayaan DKI Jakarta yang memiliki tujuan untuk melestarikan dan menghargai kekayaan budaya bangsa.

“Jika tahun 2018 didominasi dengan koleksi wayang, tahun ini kami mempersembahkan 26 lukisan dan sketsa dari Museum Seni Rupa dan Keramik serta 20 koleksi wastra Indonesia dari Museum Tekstil,” jelas Ati, begitu sapaan akrabnya. 

BACA JUGA:   Food & Hotel Indonesia 2023 Berhasil Datangkan Lebih dari 36 Ribu Pengunjung

Veronica Tan, Ketua Umum Yayasan Mitra Museum Jakarta, mengungkapkan bahwa pameran ini hadir untuk memperkenalkan peran museum kepada masyarakat luas. Sejumlah karya-karya bersejarah Indonesia, narasi perjuangan, kisah pembangunan, dan eksplorasi kebudayaan Indonesia dihadirkan melalui koleksi museum-museum di DKI Jakarta lewat Hotel Indonesia Kempinski.

“Bagaimana membawa museum kembali ke masyarakat karena saat ini sudah hampir terpecah dengan adanya teknologi. Sudah banyak masyarakat yang melupakan masa lalu, padahal, tanpa sejarah kita tidak akan bisa berdiri di sini,” ucap Veronica.

Melalui pameran ini, ia juga ingin menunjukan bahwa ternyata masih banyak koleksi-koleksi dari Museum di DKI Jakarta yang belum dipublikasikan kepada umum. Oleh sebabnya, kolaborasi ini hadir untuk menyampaikan berbagai sejarah yang ada melalui kain hingga lukisan.

“Ternyata masih banyak peninggalan sejarah yang tersimpan rapi di museum dan belum dipublikasikan. Makanya, kita hadir untuk bekerja sama dalam memamerkan barang-barang bersejarah tersebut agar dapat dinikmati oleh banyak orang khususnya di Jakarta,” jelasnya lagi.

BACA JUGA:   PSBB Dilonggarkan, Bisnis RedDoorz Meningkat 40 Persen

Pameran Museum “Warna Nusantara” terbuka untuk umum mulai hari ini dari pukul 08.00 hingga 22.00. Selain pameran barang bersejarah, masyarakat juga dapat melihat aksi penenun asal Medan, Sumatera Barat, saat membuat hasil tenunnya. 

“Pertunjukan tenun ini dapat disaksikan pada tanggal 8 hingga 10 Agustus. Nanti, juga akan ada lelang hasil karya yang dipamerkan di sini pada tanggal 10 Agustus 2023,” kata Fitzek.