TPJF 2021 Hadirkan Ajang Pencarian Bakat Musisi Jazz

Thursday, 19 August 21 Bonita Ningsih

Setelah sempat vakum tahun lalu akibat pandemi COVID-19, The Papandayan Jazz Festival (TPJF) 2021, kembali hadir dengan konsep terbaru. Jika sebelumnya digelar secara langsung dengan banyak penonton, kali ini TPJF 2021 harus dilaksanakan secara virtual melalui platform Loket.com.

TPJF merupakan sebuah acara musik jazz di Indonesia persembahan Media Group dan juga The Papandayan Hotel Bandung. Beragam musisi jazz tanah air dan juga mancanegara akan tampil dalam acara ini pada 10-11 Desember 2021.

General Manager The Papandayan, Bobby Renaldi, mengatakan selalu ada yang berbeda dari festival ini setiap tahunnya. Pada tahun ini, TPJF mengangkat tema “Jazz Enjot It” yang terinspirasi dari pecinta musik jazz saat menikmati alunan musik jazz.

BACA JUGA:   HOMEDEC 2022 Hadirkan Area Khusus Produk Lokal dan UMKM

Selain tema, hal yang berbeda dari TPJF 2021 adalah hadirnya TP Online Jazz Competition. Kegiatan ini menjadi sebuah ajang kompetisi pencarian musisi dan grup band jazz berbakat dari Indonesia hingga internasional.

“Melalui kompetisi ini, kami akan menemukan talenta jazz baru dan membantu mengenalkan musisi jazz baru di Indonesia,” ujar Bobby.

Untuk memulai Online Jazz Competition, pihak penyelenggara telah melakukan promo teaser pendaftaran pada Juli 2021. Setelahnya, pihak penyelenggara akan membuka pendaftaran resmi pada 2 Agustus dan ditutup pada 27 September 2021.

Bagi musisi yang ingin mengikuti kompetisi ini, dapat segera mendaftar dan mengirim video melalui microsite kompetisi www.mediagroupnews.com/tpjazz. Menurutnya, terdapat tiga babak yang harus dilewati para peserta yakni mulai dari penyisihan, semifinal, dan grand final.

BACA JUGA:   INDOFEST Dorong Wisata Minat Khusus Tanah Air

Seleksi babak penyisihan akan dilakukan pada 28 September hingga 8 Oktober 2021. Setelahnya, penjurian babak semifinal akan berlangsung pada 2-6 November 2021 dengan memilih 10 video band terbaik. Kemudian, dari 10 akan dipilih lagi menjadi 4 band finalis pada 8 November 2021.

Lebih lanjut ia mengatakan, 4 band terpilih ini sudah dipastikan akan menjadi pemenang dalam TP Online Jazz Competition. Pembagiannya adalah Juara 1, Juara 2, Juara 3, dan Juara Favorit dengan hadiah mulai dari Rp10 juta hingga Rp35 juta. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada puncak acara TPJF pada Desember 2021.

BACA JUGA:   Pertama Kalinya Presiden RI Membuka IPA Convention & Exhibition

“Jadi, kompetisi ini sebagai road to The Papandayan Jazz Festival 2021. Kami harap para musisi muda dan senior dapat berpartisipasi dalam kompetisi ini,” ungkap Bobby.

Setiap peserta yang mengikuti kompetisi ini akan diseleksi langsung oleh dewan juri profesional dan berbakat di dunia musik. Beberapa di antaranya adalah Dwiki Dharmawan, Eq Puradireja, Venche Manuhutu, dan seniman senior Bandung, Hari Pochang.