AccorHotels Mendominasi Green Hotel Award 2015

Wednesday, 07 October 15   15 Views   0 Comments   Venue

Hotel-hotel dalam jaringan AccorHotels mendominasi penghargaan Green Hotel Awards 2015 yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata. Dari 20 hotel yang mendapatkan penghargaan ini, lima di antaranya adalah hotel-hotel yang tergabung dalam AccorHotels.

Properti AccorHotels yang mendapat penghargaan ini adalah Novotel Bangka Golf & Convention Center, Novotel Bandung, Novotel Manado, Novotel Yogyakarta, dan Pullman Jakarta Central Park. Khusus untuk Novotel Bangka, Novotel Bandung, dan Novotel Manado bahkan mendapat kesempatan untuk mewakili Indonesia dalam ajang ASEAN Green Hotel Award 2016 yang diselenggarakan Januari 2016 mendatang di Manila, Filipina.

Tak mengherankan apabila properti AccorHotels banyak yang mendapatkan sertifikasi hotel ramah lingkungan, sebab AccorHotels memiliki program bernama Planet 21. Planet 21 fokus pada tujuh pilar, di mana setiap pilar memiliki tiga komitmen yang harus dicapai oleh seluruh properti AccorHotels di penjuru dunia. “Program yang diluncurkan sejak 2010 ini merupakan sebuah inisiatif dari AccorHotels untuk mengembangkan hotel yang melayani lingkungan dan komunitas lokal,” ujar Rita Elisabeth, Assistant Director of Marketing & E-Commerce Pullman Central Park.

Naning Adiwoso, Ketua Juri Green Hotel Award 2015, juga mengakui komitmen properti AccorHotels dalam mengedepankan lingkungan dalam pengelolaannya membuat hotel-hotelnya menerima penghargaan tersebut. “Ini perlu dicontoh, AccorHotels dengan aksi Planet 21-nya. Seharusnya hal ini juga bisa dilakukan oleh hotel-hotel lain,” tutur Naning.

Green Hotel Award 2015 diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dalam rangkaian Hari Pariwisata Dunia yang diperingati pada 27 September lalu. Tema ajang dua tahunan kali ini adalah “Semakin Dilestarikan, Semakin Menyejahterakan”, dengan harapan pemberian penghargaan Green Hotel Award 2015 bisa menggugah mindset para pengelola hotel untuk meningkatkan kepedulian dan komitmen dalam menerapkan prinsip-prinsip ramah lingkungan untuk membangun pariwisata Indonesia yang berkelanjutan. (Baca juga: 20 Hotel Peraih Green Hotel Award 2015)

Penulis: Hanifah Mutiara Sylva