Adiwastra Nusantara 2018 Angkat Fashion Kekinian

Wednesday, 04 April 18   32 Views   0 Comments   Harry Purnama
Adiwastra Nusantara 2018

Adiwastra Nusantara 2018 hadir kembali dengan memberikan nuansa baru di dunia kreasi perajin wastra adati Nusantara dan kalangan UKM. Maraknya tren baru di dunia fesyen memberikan inspirasi terhadap Adiwastra Nusantara yang menawarkan variasi yang lebih menarik bagi penggemar dan kolektor kain Nasional berkualitas tinggi.

Kain adat semakin hari semakin mendapat tempat yang istimewa di hati masyarakat, termasuk kalangan generasi muda yang semakin banyak menggunakan bahan-bahan bernuansa etnis untuk busananya. Pergerakan tren ini memberikan pengaruh baru terhadap perancang fashion untuk menghasilkan karya modern atau kekinian dengan menggunakan bahan wastra adati Indonesia. Kain-kain khas Indonesia seperti batik, ikat, dan songket memuat kearifan lokal serta kekayaan intelektual anak bangsa yang tetap mempunyai ciri khas kuat dan bisa beradaptasi dengan perkembangan fashion masa kini.

Lebih dari 400 gerai perajin dan perancang wastra akan hadir dalam pameran akbar Wastra Adati Nusantara yang ke-11 ini. Dalam pameran yang didukung juga oleh Bakti Budaya Djarum Foundation, masing-masing perajin dan perancang akan menampilkan kreasi-kreasi wastra unggulan terbaru yang khusus diproduksi untuk pameran ini

Pameran ini secara konsisten berupaya mengembangkan potensi tekstil tradisional dalam perekonomian nasional dan mengangkat pesona Indonesia secara Internasional. Untuk itu Adiwastra Nusantara 2018 mengangkat tema “Nuansa Kekinian Dalam Balutan Wastra Adati Nusantara” dan berlangsung pada 11-15 April 2018 di Hall A dan B Jakarta Convention Center.

Dalam rangkaian kegiatan pameran Adiwastra Nusantara 2018 akan diselenggarakan berbagai acara terpilih, yaitu peragaan busana berbalut wastra adati rancangan para desainer muda alumni sekolah mode ESMOD, lomba Selendang Indonesia 2018 dengan tema “Fusion Selendang Batik dan Tenun” dan terdiri dari kategori tenun sutera, tenun katun, batik sutera, dan batik katun, talk show dan workshop tentang tenun/shibori dan e-commerce, serta festival kuliner nusantara.