ASTINDO Virtual Travel Fair Dijadikan Momentum Kebangkitan Bisnis Travel Agent

Tuesday, 02 November 21 Bonita Ningsih

Untuk pertama kalinya, ASTINDO (Asosiasi Travel Agent Indonesia), menyelenggarakan ASTINDO Virtual Travel Fair (AVTF) pada tanggal 3-7 November 2021. Acara ini merupakan hasil konversi dari event offline tahunan yang secara rutin diselenggarakan yaitu ASTINDO Travel Fair. 

“Penyelenggaraan ASTINDO Virtual Travel Fair juga dalam rangka merayakan hari ulang tahun ASTINDO ke-22 yang jatuh pada tanggal 10 November mendatang,” kata Anton Sumarli, Wakil Ketua Umum I ASTINDO sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara AVTF 2021. 

Acara ini juga dapat terlaksana karena melihat kondisi pasar pariwisata yang secara konsisten terus menunjukkan pergerakan positif. Anton menilai telah terjadi peningkatan perjalanan domestik maupun luar negeri, kecuali saat pemerintah memperketat persyaratan perjalanan terutama di jalur udara.  

BACA JUGA:   BKT 5K Festival 2015, Lomba Lari Di Pinggir Sungai

Ketua Umum DPP ASTINDO, Pauline Suharno, menambahkan tema acara yang diambil dalam pelaksanaan AVTF 2021 adalah #backtotravel. Dengan tema tersebut, ASTINDO, berharap acara ini menjadi sebuah momentum terbaik untuk menggairahkan kembali bisnis travel agent yang sempat mati suri akibat pandemi Covid-19.

“Kami ingin masyarakat kembali travelling dengan menggunakan jasa travel agent terpercaya dari anggota kami. Di sini, kami juga memastikan bahwa seluruh anggota ASTINDO sudah menerapkan protokol kesehatan ketika berwisata dan memiliki vendor-vendor yang bersertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability),” jelas Pauline. 

Proses digitalisasi AVTF 2021 didukung oleh ATI Business Group dan Galileo Travelport Indonesia dengan menggunakan sistem reservasi secara online (online booking tools) dan DAISI digital assistant. Melalui sistem ini, 18 peserta travel agent dapat menampilkan showcase aneka produk wisata dan program lainnya. Di sini, masyarakat juga dapat melihat langsung melalui online product catalog serta berinteraksi dengan penyedia produk.

BACA JUGA:   KINTEX Nekat Selenggarakan Pameran di Tengah COVID-19

“Selama penyelenggaraan AVTF 2021, kami juga bekerja sama dengan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yaitu Blibli.com,” ungkap Pauline.

Tidak hanya AVTF 2021, ASTINDO, sudah banyak melaksanakan kegiatan virtual lainnya di tengah situasi pandemi Covid-19. Beberapa kegiatan virtual yang sudah digelar di antaranya travel mart, webinar, pelatihan, hingga sertifikasi. Dengan tujuan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dalam menghadapi konsumen yang akan membeli aneka produk wisata atau perjalanan dari travel agent

BACA JUGA:   Festival KOPLO Indonesia akan Guncang Jakarta di Akhir Juli

“Meskipun berada di tengah pandemi, ASTINDO terus menerus memompa semangat dan optimisme anggota melalui berbagai kegiatan virtual tersebut,” Pauline menambahkan.

Bagi masyarakat yang ingin mengunjungi AVTF 2021 dapat mengakses laman www.astindovirtualtravelfair.com dan memanfaatkan fitur digital assistant ‘DAISI’.