Belajar Pengadaan Barang dan Jasa di Indonesia International Sustainable Procurement Expo

Friday, 03 November 23 Harry
Indonesia International Sustainable Procurement Expo

Indonesia International Sustainable Procurement Expo 2023 (I2SPE) adalah salah satu rangkaian acara dari ISPE yang diselenggarakan pada Maret lalu di JIEXPO Kemayoran. I2SPE juga diinisiasikan oleh Asosiasi Katalog Elektronik Nasional (AKEN) dengan tujuan memperluas jangkauan insight pengadaan menjadi internasional yang mana dapat menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pelaku pengadaan barang & jasa pemerintah di Indonesia.

I2SPE dilaksanakan pada 30 – 31 Oktober 2023 di The Westin Jakarta dengan mengusung tema “Stronger Sustainability with Digital Transformation and Renewable Energy” dan disponsori oleh Airmas Group yang membawa tiga merek, yaitu AyooKlik, CobasStore, serta Atoz Az.

BACA JUGA:   Paviliun Indonesia Ramaikan Ambiente 2016

Dalam rangkaian opening ceremony, I2SPE menggelar Procurement Award yang diberikan langsung kepada para pelaku pengadaan terbaik, yaitu pengadaan dari provinsi Jawa Tengah dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI dengan transaksi pengadaan terbanyak melalui Toko Daring. Selain itu, I2SPE juga memberikan penghargaan kepada Husin Ansari sebagai Tokoh Aktif Dalam Menggerakkan Sustainable Procurement dan Deby Sandra sebagai Tokoh Jabatan Fungsional yang aktif dalam menggerakkan Sustainable Procurement.

I2SPE juga hadir dengan Talkshow Startup yang dapat menjadi wadah pembelajaran kawula muda untuk membangun dengan mengembangkan startup yang mereka miliki. Talkshow ini dihadiri langsung oleh para ahli, seperti Angga Fauzan selaku CEO & Co Founder MySkill, Joe William Wartono selaku Head of Academy Sevenpreneur, serta Fano Alfian Ardyansyah selaku CEO & Co Founder Ailesh.

BACA JUGA:   Pesona Indonesia Synergy Run 2018 Ikut Promosikan 10 Destinasi Bali Baru

Pada hari kedua, I2SPE dipadati oleh pengunjung dari sektor korporat. Hal ini dikarenakan adanya sosialisasi new platform e-catalog. New platform e-catalog ini akan memberikan dampak positif dalam peningkatan belanja Produk Dalam Negeri (PDN) dan efisiensi belanja negara, mempercepat proses dari pengadaan barang/jasa, serta mewujudkan transparansi dalam proses pengadaan.

Para pengunjung terlihat memadati kursi penonton hingga ada yang rela berdiri untuk menyaksikan paparan langsung dari Fadli Arif selaku Deputi Bidang Transformasi Pengadaan Digital LKPP dan Tri Wahyu Widodo selaku Ketua Umum dari Ikatan Fungsional Pengadaan Indonesia.

BACA JUGA:   TTC Travel Mart go Internasional Pada 2020

I2SPE ditutup dengan mega door prize berupa 2 unit handphone dan laptop. Tidak hanya itu, I2SPE tidak lupa memberikan penghargaan kepada beberapa booth yang menjadi best booth, favorite booth, hingga pemenang dari Startup Summit Program.