IVENDO Adakan Survei, Hasilnya Dirahasiakan

Wednesday, 20 January 21 Bonita Ningsih

Bisnis event menjadi yang paling terdampak pandemi COVID-19 karena adanya larangan untuk mengumpulkan massa. Melihat kondisi tersebut, Indonesia Event Industry Council (IVENDO) berinisiatif untuk membuat sebuah survei terkait perkembangan industri event selama tahun 2020.

Mulkan Kamaludin, Ketua Umum IVENDO, menjelaskan bahwa survei ini dilakukan untuk membandingkan hasil bisnis event selama tahun 2020 dengan tahun sebelumnya. Survei yang dilakukan sejak awal tahun 2021 ini melibatkan banyak pihak terkait.

“Sudah ada hasilnya, tetapi saat ini masih kita tahan dan belum kita publish ke umum,” kata Mulkan saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Terdapat beberapa poin penting yang dihasilkan dalam survei ini terkait jatuh bangunnya industri event selama tahun 2020. Beberapa di antaranya ialah seberapa besar pelaku event yang sudah mati, masih bertahan, dan alih profesi selama pandemi COVID-19 berlangsung.

Menurutnya, hasil survei ini akan disampaikan kepada khalayak umum setelah IVENDO melakukan pertemuan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Penyerahan hasil survei ini akan dilakukan bersamaan dengan pemberian ide dan gagasan IVENDO terkait bisnis event ke depannya.

“Hasil survei ini akan menjadi acuan kepada pemerintah terkait kondisi terkini pelaku industri event Tanah Air. Kita harapkan setelah melihat ini, secara simultan Kemenparekraf dapat memberikan program dan inovasi terbaiknya untuk industri event. Dengan begitu, aspek kolaborasi pun juga akan terlaksana di sini,” ucapnya lagi.

Mulkan juga berharap agar Sandiaga Uno segera menyambut baik keinginan IVENDO untuk melaporkan hasil surveinya.