FESTInFest Kick Off Kalender Event 2018

Tuesday, 30 January 18   22 Views   0 Comments   Venue
FESTInFest
Foto: Venuemagz/Erwin

Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka perhelatan Festival Indonesia Festival (FESTInFest) 2018. Table Top dan Pameran Eksposisi menjadi acara unggulan gelaran FESTInFest yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, pada 30-31 Januari 2018.

“Festival menjadi ciri dan atraksi utama setiap daerah untuk menarik kunjungan wisatawan. Dalam satu tahun ini kita siapkan lebih dari 100 kegiatan festival yang diselenggarakan di berbagai daerah di Tanah Air sebagai daya tarik untuk mendatangkan lebih banyak lagi kunjungan wisatawan” kata Arief Yahya dalam sambutannya saat membuka FESTinfest.

FESTInFest 2018 mengangkat tema “Visit Wonderful Indonesia 2018: Celebration of Life”. Kegiatan ini pertama kali diselenggarakan pada Januari 2017, merupakan forum pertemuan para penyelenggara festival di Indonesia dan sebagai forum bersama memulai festival.

Tema “Celebration of Life” ini tecermin dalam festival dan mendorong keterlibatan partisipasi warga. Dalam satu tahun ini tidak kurang dari 100 event dan 10 national event yang masuk dalam Calendar of Event Wonderful Indonesia (CoE WI) 2018 akan digelar di seluruh Indonesia. Event itu termasuk dua agenda internasional, yakni Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018 serta Pertemuan IMF Bank Dunia di Bali pada Oktober 2018 yang juga menjadi fokus utama kemeriahan dalam CoE 2018.

Esthy Reko Astuti, Ketua Pelaksana FestInFest 2018, mengatakan, perbedaan dengan penyelenggaraan sebelumnya, tahun ini dalam FestInFest 2018 digelar pula table top yang dilaksanakan di hari pertama. Kegiatan ini dirancang untuk mempertemukan seller (penyelenggara festival) dengan buyer (industri), di mana para seller akan bergerak aktif untuk menjelaskan tentang produk yang akan dijual, sedangkan para buyer posisinya duduk di tempat yang disediakan. Tahun ini ada 44 seller dan 80 buyer terlibat dalam table top di FestInFest.

“Sesuai dengan arahan Menteri Pariwisata, kegiatan kali ini harus memiliki nilai komersialnya. Kita fasilitasi agar ada transaksi antara pelaku dan industri,” ungkap Esthy.

Event ini menjadi sarana strategis untuk menghimpun berbagai potensi, pengalaman, dan kerja sama festival di seluruh Indonesia agar terselenggara secara efektif, semarak, dan berdaya guna,” tambah Esthy.

Menurut Esthy, berbagai pemangku kepentingan festival hadir di FESTinfest 2018. Kehadiran mereka dalam rangka membangun kerja sama, bertukar pengalaman, menyusun komunikasi, mengembangkan audiens, dan dukungan pendanaan.

Pada hari yang sama, di lobi Nusa Indah Gedung Sapta Pesona juga berlangsung Pameran dan Eksposisi 100 Wonder Festival. Pameran berlangsung pukul 09.00-21.00 WIB. Acara berlanjut dengan diskusi CoE dan VIWI 2018 mengangkat tema “Orientasi dan Kebijakan” dengan pembicara Hariyadi Sukamdani (Ketua VIWI 2018) dan Esthy Reko Astuti (Ketua Pelaksana CoE 2018), kemudian dilanjutkan dengan Platform dan Kerjasama Pemasaran Digital Travex (pembicara Samsriyono); Program dan Jaringan Genpi (pembicara Muh Noer Sardono); dan Jaringan Kerja Festival dengan pembicara Taufik Rahzen. Acara hari pertama akan diakhiri dengan Table Top dan Tayangan Ragam Event.

Pada hari kedua, acara dimulai dengan pertemuan penyelenggara festival/event dengan pemangku kepentingan pada pukul 10.00 – 12.00 WIB dengan menampilkan empat tema pengelompokan, yakni Greater Destinasi: Jakarta, Bali, dan Kepri; Festival Budaya; Event Buatan: Olahraga, Alam, dan MICE; serta 10 Dest.I.Nation. Acara dilanjutkan dengan Pleno: Sepuluh Even Nasional (14.00 – 15.30); Pendampingan 100 Wonder Event berdasarkan kawasan (15.30 – 17.00); dan diakhiri dengan Bluemoon Festival (18.00-22.00).

Penulis: Erwin Gumilar