IGDX Academy Bantu Pengusaha Industri Game Indonesia Kembangkan Bisnisnya

Friday, 30 July 21 Bonita Ningsih

Pelaksanaan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021 akan segera dimulai secara hybrid (offline dan online) dengan serangkaian kegiatan. IGDX 2021 diinisasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dengan tujuan untuk mendorong industri game lokal ke jenjang internasional.

Terdapat tiga rangkaian kegiatan di dalamnya yang mencakup IGDX Academy, IGDX Business, dan IGDX Conference. Rangkaian kegiatan dimulai dengan IGDX Academy yang dilaksanakan pada 16 Agustus-14 November. Kemudian disusul dengan IGDX Business pada 18-21 November 2021 serta IGDX Conference pada 20-21 November.

Presiden Asosiasi Game Indonesia, Cipto Adiguno, menjelaskan bahwa IGDX Academy merupakan kegiatan mentorship online bagi para profesional dan pengusaha industri game Indonesia. IGDX Academy akan menghadirkan mentor-mentor berpengalaman di industri game yang berasal dari Indonesia dan berbagai negara dunia.

BACA JUGA:   Keluarga Libra Menjadi Pemenang Turnamen Family Indonesia Oleh Bigo Live

Pelaksanaan IGDX Academy akan dibagi menjadi dua grup di dalamnya yakni game developer level advance dan level intermediate. Level advance akan diisi oleh usaha berusia 7 tahun, sedangkan intermediate untuk usaha berusia 3 tahun.

“Kami harap monitoring yang diberikan dapat mengembangkan kemampuan mereka lebih baik terutama dalam pengembangan produk dan bisnis,” ungkap Cipto.

BACA JUGA:   Kemenparekraf Gelar Kick-Off Tourism Working Group G-20 2022

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan, menambahkan bahwa terdapat beberapa jenis pelatihan yang akan didapat dalam IGDX Academy. Semuel menyebutkan di antaranya adalah mengajarkan market research, cara membuat game, hingga cara mengembangkan bisnisnya.

“Jadi, saat mereka bertemu dengan calon investor, mereka akan lebih percaya diri melakukannya. Dengan begitu, kami berharap game Indonesia dapat tumbuh dengan baik dan semakin luas jangkauannya,” ujar Semuel.

Plt. Direktur Ekonomi Digital Kemkominfo, I Nyoman Adhiarna, berharap agar IGDX Academy dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku industri game tanah air. Melalui kegiatan ini, mereka akan difasilitasi matchmaking dan networking session untuk mendapatkan peluang investasi dan kerja sama bisnis baru.

BACA JUGA:   Kemenparekraf Hadirkan Acara Musik dan Seni Untuk Dukung MotoGP 2022

“Apalagi, mentor yang dihadirkan merupakan para expert dengan pengalaman terbaiknya di tingkat dunia. Mereka akan diberikan banyak ilmu di sini selama tiga bulan penuh,” Nyoman menambahkan.