Inovasi Edukasi di Tengah Pandemi

Wednesday, 14 April 21 Harry
Edu Gears Exhibition

Undang tenaga pengajar untuk menerapkan teknologi pembelajaran yang interaktif menggunakan VR (virtual reality) serta mengedukasi para orang tua langsung dengan praktisi parenting.

Pandemi masih melanda Indonesia dan dunia yang terus semakin meluas, yang membuat seluruh aktivitas lumpuh, tidak terkecuali sektor pendidikan. Seluruh sekolah mewajibkan murid-muridnya belajar dari rumah. Akan tetapi, banyak pengajar yang belum siap menggunakan teknologi pembelajaran dengan internet. Bukan hanya itu, murid yang masih dibilang dalam usia belia pun belum seluruhnya bijak menggunakan gawai sebagai media pembelajaran.

Itulah yang melatarbelakangi Edu Gears Exhibition (edu-gears.com) diselenggarakan agar keberlangsungan pendidikan di tengah era pandemi dan new normal ini terjaga. Sebagai pre-event Edu Gears Exhibition menyelenggarakan workshop mengenai penerapan teknologi berbasis virtual reality (VR) dalam pembelajaran yang interaktif pada tanggal 10 April 2021 secara virtual melalui aplikasi Zoom.

BACA JUGA:   Festival Pulau Penyengat 2018 Tampilkan Budaya Melayu Sesungguhnya

Menghadirkan langsung founder dari MilleaLab, yaitu aplikasi yang bekerja dalam teknologi pendidikan menggunakan VR. Sebelum diselenggarakannya workshop, pre-event Edu Gears Exhibition ini melangsungkan talk show gratis dan terbuka untuk seluruh orang tua yang memiliki anak di usia sekolah saat ini. Talk show ini bertajuk “Parenting Tips: Mendukung Kegiatan Belajar Anak di Masa Pandemi”.

Talk show ini dihadiri oleh pembicara andal di bidang parenting, yaitu Angga Setyawan selaku praktisi parenting nasional sekaligus founder dari komunitas Anak Juga Manusia, dan Kara Andrea Handali yang berprofesi sebagai psikolog pendidikan serta aktif menjadi content creator mengenai isu pengembangan diri dan pendidikan. Ada hampir 200 peserta talk show yang merupakan orang tua dari para millenial yang terdaftar mengikuti talk show mengenai parenting ini.

BACA JUGA:   Usai Digelar Offline, IFRA Hadir Secara Online

Main event Edu Gears Exhibition berupa virtual exhibition digelar pada tanggal 1-6 Juni 2021. Pada main event Edu Gears Exhibition akan menghadirkan exhibitor-exhibitor ternama yang menyediakan alat penunjang pendidikan jarak jauh dengan penawaran yang tidak kalah menarik. Selain barang, Edu Gears Exhibition menargetkan menghadirkan jasa penyedia konseling belajar secara mandiri agar tujuan utama dari pameran ini, yaitu menjawab keresahan seluruh pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan pada era pandemi dan new normal. Di samping itu pengunjung yang akan hadir secara virtual selama acara berlangsung ditargetkan berjumlah 20.000 pengunjung dari kalangan pengajar, pemerhati pendidikan dan para orang tua serta peserta didik.

BACA JUGA:   Bali Interfood 2019 Diikuti 17 Negara

Edu Gears ini diselenggarakan oleh mahasiswa program studi MICE Politeknik Negeri Jakarta angkatan 2018 dan bekerja sama dengan Tokopedia sebagai e-commerce resmi dengan dukungan dari PGRI, KEMENRISTEK/ RISTEK-BRIN, dan APTIKNAS.