Mahasiswa Manajemen Konvensi & Event NHI Bandung Gelar Kompetisi Freestylenesia

Friday, 20 November 20 Bonita Ningsih

Mahasiswa Program Studi Manajemen Konvensi & Event, Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung menggelar kompetisi freestyle soccer bernama Freestylenesia. Kompetisi yang dikemas secara online ini akan diselenggarakan di PT Lintas Mediatama (studio LIMA) Bandung, Jawa Barat, pada 21 November 2020.

Freestylenesia merupakan acara pertama dari mahasiswa NHI Bandung yang menggabungkan kompetisi Online Freestyle Football dengan Live Skill Show di dalamnya.

Mengambil tema “Long Distance Freestyler“, kegiatan football freestyle dapat dilakukan dalam jarak jauh oleh para freestyler. Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan dari program “BUGAR” yang diusung dan didukung oleh FORMI Jabar (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Jawa Barat).

Bagus Githa Adhitya, Dosen Program Studi Manajemen Konvensi & Event di STP NHI Bandung, menjelaskan, Freestylenesia merupakan salah satu kegiatan praktik mata kuliah Creative Event Program Studi Manajemen Konvensi & Event di NHI. Di dalam mata kuliah ini, mahasiswa diminta untuk menghasilkan kreativitas dan inovasi dalam merancang dan menyelenggarakan sebuah acara. Oleh sebabnya, tahun ini Freestylenesia tercipta sebagai bentuk penilaian dalam kegiatan praktik mata kuliah tersebut.

Sejak awal dicetuskan, acara ini memiliki tujuan untuk memberikan sarana kepada masyarakat yang ingin menyalurkan kemampuan freestyle soccer. Selain itu, acara ini juga sebagai hiburan bagi masyarakat di masa pandemi dan mendukung kampanye tetap sehat dan produktif walau di rumah saja.

Freestylenesia akan diikuti oleh 191 peserta yang berasal dari 31 negara. Selain Indonesia, negara lain yang berpartisipasi dalam kegiatan ini ialah Mexico, Malaysia, Australia, Filipina, Belanda, Kenya, Peru, Mesir, Madagascar, Jepang, UAE, Argentina, Jerman, India, Pakistan, Zambia, Palestina, Brasil, Uganda, Sri Lanka, Singapura, Polandia, Kolombia, Iran, Moroko, United Kingdom, Finlandia, Algeria, Hong Kong, dan Kuba.

Tsany Naufal Hafidz, Ketua pelaksana Freestylenesia, mengungkapkan, creative event ini menjadi salah satu pembelajaran untuk menyelenggarakan sebuah acara yang terorganisir. Dia berharap agar Creative Event Freestylenesia 2020 dapat menjadi salah satu event freestyle football yang dinanti oleh masyarakat Indonesia maupun negara lain.

“Dengan adanya peserta dari negara lain diharapkan acara ini dapat mendukung pengembangan sport tourism dan sport industri di Indonesia, khususnya Jawa Barat,” ungkapnya.

Rangkaian pendaftaran sudah dimulai sejak 19 Oktober dan berakhir pada 8 November 2020. Acara ini terdiri dari kompetisi freestyle soccer yang dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu Open dan Beginner. Sedangkan, beberapa kategori tambahan lainnya berupa Most Liked Video, Best Custome, Extraordinary Video Challenge, serta Best Background.

Pengumuman pemenang akan disiarkan secara langsung melalui Youtube Channel Creative People pada 21 November 2020, pukul 15.30 WIB. Selain itu, akan ada program tambahan seperti Freestyle skill show performance & Half time show, public figure appreciation, dan giveaway dari sponsor.