TravMedia Summit dan International Media Marketplace Sukses Digelar

Tuesday, 31 October 23 Harry
TravMedia

TravMedia Summit Asia dan TravMedia International Media Marketplace (IMM) sukses digelar pada 23-24 Oktober 2023 di Swissotel The Stamford, Singapura. Acara yang disponsori oleh Expedia dan Sentosa ini menghadirkan sekitar 110 jurnalis wisata, editor, dan influencer dari berbagai negara. Selain itu, hadir juga 92 seller dari berbagai industri pariwisata, seperti dari perhotelan, destinasi wisata, maskapai penerbangan, kapal pesiar, operator wisata, atraksi wisata, DMC, dan banyak lagi.

TravMedia Summit Asia telah memasuki tahun ke-empat, dan acara ini merupakan bagian dari TravMedia IMM yang telah memasuki tahun ke-11. TravMedia Summit merupakan forum bagi para pelaku industri pariwisata untuk berbagi ilmu. Konferensi yang berlangsung satu hari ini juga membahas mengenai tren, peluang, dan tantangan di industri pariwisata. Acara yang digelar sehari sebelum TravMedia IMM ini dihadiri media pariwisata ternama dari Asia Tenggara, China, India, Jepang, Korea Selatan, dan Australia.

Sementara itu, TravMedia IMM mempertemukan para pelaku industri pariwisata di seluruh dunia dengan media pariwisata di Asia Tenggara dalam sebuah table top. Secara total, telah terjadi sekitar 220 meeting antara buyer dan seller pada TravMedia IMM. Ada sebanyak 110 jurnalis pariwisata dari Asia Tenggara, China, Australia, Korea Selatan, Jepang, dan India yang bertemu dengan 92 pelaku pariwisata internasional.

BACA JUGA:   Tiga Menteri Indonesia Membuka IFRA Virtual Expo

“Kami telah menyelenggarakan IMM lebih dari satu dekade lalu. Setelah melalui masa sulit dalam beberapa tahun terakhir, saya dengan bangga dapat mengatakan bahwa industri pariwisata telah pulih,” ujar Nick Wayland, CEO & Founder TravMedia.

Liz Ortiguera, Managing Director Asia Pacific dan Senior Advisor CEO World Travel Tourism Commission (WTTC), membagikan beberapa data menarik di industri pariwisata dunia saat menyampaikan keynote speech-nya. Menurutnya, pertumbuhan sektor pariwisata di wilayah Asia Pasifik lebih tinggi dibandingkan regional lainnya di seluruh dunia.

Saat ini, industri pariwisata di Asia Pasifik telah menciptakan 74 juta lapangan pekerjaan, dan diperkirakan dalam 10 tahun ke depan akan tercipta 110 juta lapangan pekerjaan. Sektor pariwisata juga diperkirakan menghasilkan PDB sebesar US$6,1 triliun pada 2033, naik dari US$2,7 triliun pada 2023.

BACA JUGA:   Rayakan HUT DKI Jakarta, Hotel Accor Berpartisipasi dalam Jakarta Fair Kemayoran 2023

“Asia Pasifik akan menjadi motor pertumbuhan industri pariwisata dunia, dengan 69 persen lapangan pekerjaan tercipta di Asia Pasifik dalam 10 tahun ke depan. Regional ini akan menjadi pemimpin, dan kita bertanggung jawab untuk menciptakan industri pariwisata yang berkelanjutan dan ramah lingkungan,” ujar Liz. “Kesadaran untuk menerapkan pariwisata yang berkelanjutan sangat tinggi di Asia Pasifik dibandingkan regional lainnya.”

James Marshall, Vice President, Global Air Account Management Expedia Group, menambahkan, pertumbuhan pariwisata di Asia terlihat dari meningkatnya jumlah penerbangan dan juga harga tiket pesawat yang mendekati keadaan sebelum pandemi. Adapun lima destinasi favorit untuk liburan akhir tahun di Asia adalah Bangkok, Singapura, Hong Kong, Seoul, dan Taiwan.

“Turis saat ini lebih senang mencari destinasi yang lebih terbuka, dalam artian lebih mudah dijangkau konektivitasnya dan tidak ada pembatasan,” ujar James.

BACA JUGA:   Membawa Tinju ke Daerah untuk Dukung Pariwisata

TravMedia Summit dan TravMedia IMM didukung penuh oleh berbagai sponsor, antara lain Expedia, Sentosa Development Corporation, Accor, COMO Metropolitan Singapore, Tourism New Zealand, AirAsia, The Ascott Limited, serta andBeyond. Selain itu, ada juga sejumlah mitra hotel, seperti The Robertson House by The Crest Collection, Pullman Singapore Hill Street, COMO Metropolitan Singapore, InterContinental Singapore, PARKROYAL COLLECTION Pickering, Hotel Faber Park Singapore – Handwritten Collection, Conrad Centennial Singapore, Grand Park City Hall, Pan Pacific Orchard, PARKROYAL COLLECTION Marina Bay, Pullman Singapore Orchard, dan voco Orchard Singapore.