Turnamen Esport Dignity of Srikandi “Kartini Edition” 2021 Dukung Kesetaraan Gender

Tuesday, 27 April 21 Bonita Ningsih

Penyelenggaraan turnamen The First Esports Ladies Mobile Legends bernama Dignity of Srikandi “Kartini Edition” 2021 resmi digelar. Turnamen garapan Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) dan Dyandra Promosindo digelar secara hybrid (offline dan online) pada tanggal 27-28 April 2021 melalui akun YouTube Dignity Project Esports.

Susanty Widjaya, Ketua Umum ASENSI, mengatakan bahwa turnamen ini digelar khusus pemain e-sport wanita agar dapat lebih berkompetisi dan berkarier di dunia e-sport tanah air. Turnamen ini juga diharapkan dapat menjadi wadah yang tepat bagi para pemain e-sport wanita untuk berprestasi, berkualitas, dan menunjukkan kemampuan terbaiknya. Hingga pada akhirnya, acara ini dapat mengembangkan industri game tanah air dan membuat industri e-sport semakin bernilai.

“Dunia e-sport semakin berkembang di Indonesia, khususnya di masa pandemi. Perkembangan pemain e-sport wanita juga semakin meningkat sehingga membuat kami memutuskan untuk menggelar event Dignity of Srikandi. Acara ini juga secara khusus untuk memperingati dirgahayu ASENSI sekaligus hari Kartini,” jelas Susanty.

BACA JUGA:   Rakernas Asperapi Urai Kendala Penyelenggaraan Pameran di Masa Pandemi

Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo, mengatakan bahwa turnamen ini secara tidak langsung dapat mengangkat derajat wanita, khususnya di dunia e-sport. Selain itu, acara ini sebagai salah satu bentuk transformasi digitalisasi yang akan membawa Indonesia lebih maju dari waktu sekarang.

“Acara ini juga bertujuan untuk membentuk ekosistem e-sport bagi para pemain perempuan agar mereka bisa memiliki karier di dunia e-sport. Melalui acara ini, kami juga ingin menunjukkan bahwa wanita memiliki jiwa kompetitif layaknya seorang pria,” ujar Hendra.

BACA JUGA:   Video: Indofest 2017 Resmi Dibuka

Dalam pelaksanaannya, acara ini didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Samuel A. Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informastika Kemenkominfo, mengatakan, turnamen ini sebagai sebuah inisiasi sekaligus kesinambungan dari arahan Presiden Joko Widodo yang menerapkan kesetaraan gender di Indonesia.

“Kami sangat apresiasi kinerja teman-teman ASENSI dan Dyandra Promosindo atas terselenggaranya turnamen ini. Melalui turnamen ini juga, kita semua dapat memajukan potensi digital Indonesia, khususnya di bidang e-sport,” kata Samuel.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan turnamen ini. Menurutnya, saat ini e-sport tidak hanya berkembang sebagai salah satu industri permainan digital, tetapi juga sudah berkembang dalam ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif. Oleh sebab itu, ia mengajak semua pihak untuk saling bersinergi memajukan industri e-sport sebagai pengembangan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

BACA JUGA:   Catatan Akhir Tahun 2020, Menjawab Tantangan 2021

“Semoga acara ini juga dapat menjadikan bukti bahwa talenta pemain e-sport wanita tidak kalah dengan laki-laki. Dengan begitu, acara ini akan menjadi batu loncatan bagi mereka agar dapat berkarier di level internasional,” ungkap Sandiaga.