Aksi Sosial Yayasan Kucala dan The Atrium Hotel and Resort Yogyakarta

Tuesday, 04 February 20 Bonita Ningsih

Memperingati hari jadinya yang ke-55 tahun, Yayasan Kucala Medical Center menggelar kegiatan bakti sosial di Dusun Bundelan, Tancep, Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam penyelenggaraannya, Yayasan Kucala bekerja sama dengan The Atrium Hotel and Resort, sebuah hotel bintang 4 yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta.

Yayasan Kucala merupakan yayasan sosial yang memiliki fungsi sosial di dalamnya. Salah satu unitnya, yakni Kucala Medical Center yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan, menggelar acara bakti sosial di beberapa tempat di Yogyakarta.

Rul Afiyah Syarif, Ketua Panitia Acara, mengatakan, kegiatan bakti sosial ini merupakan wujud syukur dan bentuk kepeduliannya bagi masyarakat di daerah Gunung Kidul. Dukungan dari beberapa pihak, salah satunya dari The Atrium Hotel and Resort Yogyakarta, ini menambah semangat di kegiatan sosial kali ini.

Berbagai kegiatan dilakukan selama acara berlangsung, di antaranya penyuluhan kesehatan dan penyakit antrax oleh dokter profesional, pemeriksaan kesehatan dari tim dokter Kucala Medical Center, serta bantuan obat dari Dompet Dhuafa. Tercatat ada 136 peserta mengikuti penyuluhan dan pemeriksaan gratis selama acara digelar.

Selain itu, Yayasan Kucala Medical Center juga menjual sembako murah dan menjual beberapa pakaian yang layak pakai. Hal ini dilakukan untuk mengajarkan masyarakat bahwa untuk mendapatkan suatu hal harus disertai dengan usaha.

“Sembako dan pakaian layak pakai memang sengaja kita jual, bukan diberikan secara gratis kepada mereka. Nantinya, uang yang terkumpul dari penjualan sembako dan pakaian akan dikelola lagi untuk masyarakat Bundelan via Posbindu,” ujar Rul Afiyah.

Dany Hendarto, Human Resources Manager The Atrium Hotel and Resort, mengungkapkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh Kucala Medical Center. Oleh karenanya, ia sangat mendukung kegiatan ini agar banyak masyarakat yang mengetahui informasi mengenai kesehatan.

“Saya harap sinergi ini dapat terus berlanjut di berbagai kegiatan sosial lainnya. Semoga di lain waktu, kegiatan sosial ini dapat dilaksanakan di tempat lain juga,” kata Dany.