ARTOTEL Thamrin Jakarta Gelar Pameran Fotografi Pertama di Awal Tahun 2023

Monday, 30 January 23 Bonita Ningsih

Untuk pertama kalinya, ARTOTEL Thamrin Jakarta bekerja sama dengan RUANG MES 56 menyelenggarakan pameran seni fotografi bernama UNTURNED STONE, UNCLIMBED MOUNTAIN. Pameran seni ini dibuka untuk umum mulai tanggal 27 Januari hingga 28 Februari 2023 di ARTSPACE, ARTOTEL Thamrin Jakarta.

UNTURNED STONE, UNCLIMBED MOUNTAIN diciptakan oleh empat seniman muda yaitu Akiq AW, Fajar Riyanto, M Alfariz, dan Yudha Kusuma Putera. Berangkat dari pertumbuhan arus peradaban yang bergerak sangat cepat, keempat seniman yang tergabung kolektif MES 56 ini menciptakan gagasan unik pada setiap karyanya. 

BACA JUGA:   Gunakan Seluruh Area JIEXpo, IFEX 2023 Hadirkan 500 Peserta Pameran

Praktik dari masing-masing karya yang ditampilkan keempatnya sangat beragam salah satunya tercermin dari hal personal yang dibicarakan dalam bentuk lanskap. Ada pula yang dihasilkan dari kisah yang membekas sebagai ingatan yang dituangkan dalam bentuk karya fotografi. 

Sebagian besar eksplorasi teknik fotografi yang diadopsi adalah keinginan untuk menyampaikan pesan tertentu dari perjalanan panjang. Keseluruhan teknik tersebut tertuang dalam sebuah medium fotografi itu sendiri.

Menariknya adalah ada ingatan yang menyeruak berbarengan dengan rangsangan yang dialami ketika membicarakan hal-hal penting di lingkungannya. Dengan demikian, terdapat duplikasi yang berusaha keluar dari tradisi fotografi dengan beragam medium yang tidak hanya sebatas print atau screen.

Windi Salomo, ART Director ARTOTEL Group, mengaku bangga karena pihaknya dapat menghadirkan pameran fotografi pertama di tahun 2023. Menurutnya, pameran ini sejalan dengan misi ARTOTEL Group yang ingin selalu mendukung para seniman lokal berbakat di Indonesia.

BACA JUGA:   Menparekraf Harap Art Jakarta Gardens Mampu Menumbuhkan Ekonomi Kreatif Indonesia

“Kami sangat senang sekali dengan hadirnya pameran ini karena akan memberikan warna baru seni di seni rupa Indonesia. Pameran yang kami suguhkan juga sesuai dengan misi dari ARTOTEL Group dalam mendukung para seniman lokal Indonesia,” ujar Windi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada ARTOTEL Thamrin – Jakarta atas kesempatan kolaborasi yang diberikan kali ini lewat pameran fotografi dari kolektif Ruang MES 56,” tambah Rangga Purbaya, tim dari RUANG MES 56.