Dukung Keberlanjutan Lingkungan, Grand Hyatt Bali Kurangi Konsumsi Energi dan Air

Monday, 13 September 21 Bonita Ningsih

Grand Hyatt Bali terus menunjukkan komitmennya untuk menerapkan prinsip keberlanjutan lingkungan. Terdapat tiga kerangka keberlanjutan lingkungan yang akan diterapkan yaitu pengurangan konsumsi energi dan air, pengelolaan limbah makanan, dan keberlanjutan rantai pasokan.

Terkait pengurangan konsumsi energi dan air, hotel bintang 5 ini mengajak SensorFlow untuk berkolaborasi di dalamnya. SensorFlow merupakan perusahaan berbasis di Singapura yang memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) dan kecerdasan buatan. Kerja sama ini bertujuan untuk membantu mengoptimalkan efisiensi energi dengan menerapkan solusi otomatisasi energi pintar di 636 kamar hotel.

BACA JUGA:   Rayakan Hari Kartini, Mercure Grand Mirama Gelar Lomba Memasak

Grand Hyatt Bali juga telah berkolaborasi dengan LSSINDO, sebuah perusahaan solusi hemat listrik di Indonesia. Proyek ini melibatkan penyesuaian pompa air yang digunakan untuk kolam renang hotel. Tujuannya untuk memaksimalkan efisiensi listrik hingga 70 persen seraya meningkatkan kualitas dan aliran air.

Setelah berkolaborasi, hotel ini secara berkala akan memastikan program keberlanjutan lingkungan dapat diimplementasikan dengan sempurna. Untuk mengawasi seluruh program yang telah dibuat, Grand Hyatt Bali telah menunjuk seseorang profesional sebagai Environmental Officer khusus di resor.

BACA JUGA:   Tahun Baru Bertema Broadway Party di Grand Mercure Jakarta Harmoni

Ahliana yang ditunjuk sebagai Environmental Officer khusus resor mengatakan bahwa dirinya bertanggung jawab untuk merencanakan strategi demi keberlanjutan lingkungan. Selain meningkatkan kualitas lingkungan, ia juga akan mendidik pihak hotel terkait pentingnya keberlanjutan.

“Bagi saya, untuk memenuhi kebutuhan kita sendiri jangan mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri,” katanya.

Oleh sebabnya, setiap mahluk hidup harus menyeimbangkan kebutuhan ekonomi, lingkungan, dan sosial demi generasi mendatang. “Ada satu nilai lokal yang sangat saya hargai yaitu Tri Hita Karana, tiga penyebab kesejahteraan yang terdiri dari harmonisasi dengan Tuhan, alam, dan manusia,” dia menambahkan.

BACA JUGA:   Bank OCBC NISP Perkenalkan Premium Guest House

Selanjutnya, Grand Hyatt Bali, juga telah menyiapkan beberapa program di masa mendatang untuk mendukung pengurangan konsumsi energi dan air. Dalam hal ini, Grand Hyatt Bali, akan fokus pada pembangunan panel surya dan memperbaiki lingkungan.