Grand Mercure Surabaya City Diresmikan Menjadi Hotel Tangguh Semeru

Friday, 06 November 20 Bonita Ningsih
Grand Mercure Surabaya City

Salah satu hotel milik Accor, yakni Grand Mercure Surabaya City, telah diresmikan sebagai percontohan program Hotel Tangguh Semeru oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim). Grand Mercure Surabaya City terpilih sebagai hotel percontohan karena telah memenuhi kriteria program yang diprakarsai oleh Polda Jawa Timur. Peresmian ini turut disaksikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Program Hotel Tangguh Semeru merupakan bentuk kontribusi dan inovasi dari Polri dalam upaya mengamankan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah vital. Kehadiran Hotel Tangguh Semeru juga bertujuan untuk mendukung program pemerintah daerah dalam rangka menggerakkan masyarakat yang tangguh di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya perhotelan.

“Hotel Tangguh Semeru juga menjadi program kelanjutan kami sebelumnya, yaitu Kampung Tangguh. Kami telah mendirikan Kampung Tangguh di setiap kampung, RT, RW, di Surabaya agar dapat mengontrol dan mengendalikan situasi COVID-19,” kata Mohammad Fadil Imran, Kapolda Jawa Timur.

Program ini berbasis pada problem-oriented policing yang secara aktif melibatkan masyarakat, dalam hal ini ialah para pelaku bisnis perhotelan. Untuk mendapatkan predikat tersebut, terdapat empat elemen utama di dalamnya, yakni ketersediaan fasilitas posko, ruang isolasi, klinik, dan kendaraan darurat.

“Empat elemen tersebut sudah ada di Grand Mercure Surabaya City, dan saat ini baru ada di hotel ini. Kami bangga menjadi bagian ini semua karena dapat memutus rantai penyebaran COVID-19,” ujar Adi Satria, VP Sales, Marketing, Distribution & Loyalty Accor Malaysia-Indonesia-Singapura.

Pencapaian ini juga sejalan dengan implementasi ALLSAFE, sebuah label kebersihan dan pencegahan global milik Accor. Dikembangkan bersama Bureau Veritas, label ALLSAFE mewakili protokol dan standar kebersihan baru yang ditingkatkan di setiap jaringan hotel Accor. Label ini juga didukung oleh kepatuhan hukum dan peraturan setempat yang menjadikannya sebagai salah satu standar paling ketat di dunia perhotelan.

ALLSAFE mencakup 16 prinsip utama yang diterapkan untuk memastikan keamanan dan kebersihan bagi tamu, karyawan, dan mitra hotel. Beberapa langkah yang tercantum dalam prinsip-prinsip ini adalah ketersediaan petugas ALLSAFE setiap hari, pelatihan karyawan yang rutin, akses konsultasi dengan tim medis AXA, dan pemberian disinfektan pada area sentuh tinggi.

Fadil berharap sarana dan prasarana dari Hotel Tangguh Semeru dapat mencegah dan menanggulangi COVID-19 melalui peringatan dan deteksi dini. Tidak hanya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan, program ini juga dapat membantu perekonomian negara karena dapat menjalankan pariwisata.

“Dengan adanya sertifikasi Hotel Tangguh Semeru, wisatawan tidak perlu lagi khawatir atau ragu untuk datang dan menginap di hotel. Di sini, saya melihat bahwa hotel sudah dapat dijadikan sebagai tempat yang aman dan nyaman untuk berbisnis atau berekreasi,” ungkap Fadil.

“Karena ini menjadi hotel pertama yang mendapatkan sertifikasi ini, saya berharap hotel-hotel dan tempat wisata lainnya di Jawa Timur dapat terinspirasi untuk melakukan hal yang sama,” Fadil menambahkan.