Swiss-Belhotel International Indonesia Ditetapkan sebagai Chinese-Friendly Hotel

Thursday, 22 March 18   22 Views   0 Comments   Harry Purnama
Swiss-Belhotel International
Kolam renang di Swiss-Belhotel Ciputra Jakarta.

Swiss-Belhotel International, jaringan perhotelan global yang telah banyak memperoleh penghargaan, secara resmi ditetapkan sebagai properti yang Chinese-Friendly setelah agen perjalanan terkemuka di Cina, Ctrip, memilih beberapa properti Swiss-Belhotel Internasional di Indonesia untuk disertakan dalam program Chinese Preferred Hotel (CPH).

Chinese Preferred Hotel (CPH) diadakan oleh Ctrip untuk memastikan bahwa kebutuhan wisatawan Cina—salah satu sumber pasar terbesar bagi pariwisata Indonesia—terpenuhi. Untuk dapat ditetapkan sebagai status CPH, penyedia layanan perjalanan China menetapkan ketentuan bagi hotel untuk memberikan penawaran dan pengenalan hotel beserta fasilitasnya dalam Bahasa Mandarin sederhana, serta menyediakan layanan dalam bahasa Mandarin secara lisan. Hotel juga harus dapat menyediakan fasilitas Union Pay bagi para tamu untuk melunasi tagihan.

Persyaratan lainnya termasuk menyajikan masakan Cina untuk makan pagi, seperti bubur dan roti kukus, menyediakan ketel dan teh gratis di setiap kamar, dan Wi-Fi gratis. Setiap properti juga harus mencapai rating di atas 3,8 di platform Ctrip.

Berkat penghargaan tersebut, properti Swiss-Belhotel International di Indonesia sekarang akan disaring di halaman pencarian Ctrip dan termasuk dalam hasil CPH. Ikon online yang dirancang khusus yang menyoroti masa tinggal dengan fasilitas dan layanan yang luar biasa untuk tamu Cina akan membedakan properti terpilih dari hotel lainnya. Setiap hotel yang terpilih juga diberikan sertifikat untuk menunjukkan kualifikasinya sebagai bagian dari program CPH.

Menurut Badan Pusat Statistik Indonesia, sejak 2016, semakin banyak wisatawan Cina yang mengunjungi Indonesia daripada negara lain di kawasan Asia Tenggara dengan sekitar 1,43 juta perjalanan telah dilakukan di tahun yang sama. Pada 2017, Bali menerima kedatangan lebih dari satu juta pengunjung Cina dalam delapan bulan pertama, meningkat 58 persen  dibandingkan 2016.

Gavin M. Faull, Chairman dan Presiden Swiss-Belhotel International, menjelaskan tentang pentingnya mengakomodasi tamu Ccina di Indonesia sebagai bagian dari strategi pertumbuhan Swiss-Belhotel Internasional. “Pada 2019, diprediksi hampir setengah dari jumlah pengunjung yang akan ke Indonesia akan berasal dari Cina. Jadi, penting bagi kita untuk tidak hanya mengenal budaya dan kebiasaan daerah di mana kita berada, tapi juga penting untuk melakukan pendekatan internasional yang lebih luas dan peduli akan budaya dari mana tamu kami berasal,” ujar Faull.

“Swiss-Belhotel International berkembang pesat di Indonesia, yang artinya menyambut tamu Cina akan menjadi bagian integral dari kesuksesan kami,” ujar Faull.

Properti Swiss-Belhotel International yang terpilih dalam program Chinese Preferred Hotel (CPH) adalah Hotel Ciputra Jakarta, Swiss-Belhotel Airport Jakarta, Swiss-Belhotel Harbour Bay, Swiss-Belhotel Mangga Besar Jakarta, Swiss-Belinn Airport Jakarta, Swiss-Inn Batam, Swiss-Belinn Manyar Surabaya, Swiss-Belhotel Petitenget, Swiss-Belinn Legian, Swiss-Belhotel Tuban, dan Swiss-Belhotel Rainforest, Kuta.