Epson Indonesia Tanam 6000 Pohon dan Rehabilitasi Mangrove

Friday, 24 March 23 Bonita Ningsih

PT Epson Indonesia kembali melakukan kegiatan corporate social responsibility (CSR) yang berkaitan dengan lingkungan dan kepedulian konservasi. Kegiatan CSR kali ini melanjutkan dari yang sebelumnya yaitu melakukan penanaman 6.000 pohon di wilayah di wilayah perkantoran Cibis Nine, Cilandak, Jakarta Selatan. 

Dalam hal ini, PT Epson Indonesia, menanam berbagai kategori bibit pohon berdasarkan kelasnya yaitu kategori pohon buah, pohon tanaman industri, pohon tanaman hias, dan tanaman hias asli Indonesia. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 18 hingga 19 Maret 2023.

“Kegiatan ini menjadi kelanjutan dari rangkaian yang telah kami lakukan sebelumnya yang telah dihadiri oleh Presiden Global Epson Yasunori Ogaw. Kami ingin program ini dapat berkelanjutan hingga mencapai exit program,” kata M. Husni Nurdin, Head of Finance and Corporate Services PT Epson Indonesia.

BACA JUGA:   Dapur dan Restoran Hotel Harus Bersertifikat Halal

Husni menambahkan bahwa penanaman bibit pohon ini juga sebagai salah satu rangkaian dari program CSR PT Epson Indonesia di tahun 2023. Ia menilai, menanam bibit pohon merupakan sesuatu yang penting dan memiliki banyak manfaat di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah mengantisipasi perubahan iklim global hingga mencegah kerusakan lingkungan yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan.

“Penanaman ini sebagai wujud tindakan kami dalam pelestarian lingkungan dan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam dan memelihara tanaman sebagai bagian dari sikap atau mindset yang melekat pada kehidupan sehari-hari,” ujar Husni.

Setelah menanam 6.000 pohon, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman Mangrove yang dilakukan di Taman Wisata Alam Mangrove, Pantai Indah Kapuk. PT Epson Indonesia menanam 250 bibit mangrove untuk mendukung pelestarian hutan mangrove di kawasan tersebut.

BACA JUGA:   Epson Dorong Program Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

Dilakukan bersama karyawan dan perwakilan dari PT Indonesia Epson Industry, penanaman mangrove ini menjadi wujud implementasi yang dilakukan perusahaan dalam mendukung pelestarian lingkungan. Penanaman mangrove ini merupakan kegiatan seri ke-8 yang dimulai dari tahun 2019 dengan total mangrove yang ditanam mencapai 1951 pohon. 

“Kegiatan penanaman mangrove ini dapat dijadikan sebagai momen strategis dalam upaya mengantisipasi dampak perubahan iklim, pencegahan abrasi, dan pengembalian lahan kritis serta upaya dekarbonisasi,” ucap Head of Brand & Communication PT Epson Indonesia, Nolly Dhanurendra.

Nolly mengatakan kegiatan yang telah dilakukan ini memberikan manfaat jangka panjang secara ekonomis bagi masyarakat yang hidupnya bergantung pada hasil laut. Ia juga menilai, kegiatan tersebut merupakan bentuk realisasi dari salah satu poin Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu poin 13 terkait melestarikan dan melindungi bumi dari dampak perubahan iklim.

BACA JUGA:   Kementerian Pariwisata Promosikan Pariwisata Indonesia di Brisbane

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak kepada kelestarian lingkungan dan juga menumbuhkan rasa tanggung jawab dan memiliki terhadap lingkungan sekitar. Kita mulai dari karyawan Epson Indonesia beserta keluarga dan menjadi pemicu untuk seluruh masyarakat,” ungkap Nolly lagi.