Lomba Foto ‘Pesona Mudik 2019’ Berhadiah Rp300 Juta

Friday, 10 May 19 Bayu Hari

Kementerian Pariwisata mengajak masyarakat untuk mengikuti lomba foto ‘Pesona Mudik 2019’ dengan mengabadikan momen seru selama perjalanan mudik dan libur lebaran. Melalui perlombaan ini masyarakat, terutama para milenial, terpicu untuk mengeksplorasi kuliner, dan atraksi di masing-masing destinasi wisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjabarkan hal tersebut dalam Rapat Sinkronisasi Acara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Hari Lahir Pancasila, HUT ke 74 RI, dan Hari Sumpah Pemuda yang bertempat di Gedung Utama Sekretariat Negara, Jakarta, pada Rabu (8/5/2019).

“Ada 31 kegiatan yang berupa event-event dan ada lomba melalui media sosial instagram, yaitu Lomba Foto bertajuk #PesonaMudik2019. Total hadiahnya Rp300 juta, untuk 300 pemenang,” ujar Arief Yahya.

Arief menjelaskan, lomba ini dibagi ke dalam 2 periode dan beberapa kategori. Periode 1 (1 – 26 Mei 2019) dengan Tema: Ramadhan Penuh Pesona, Kategori: Kuliner dan Destinasi. Periode 2 (27 Mei – 10 Juni 2019) dengan Tema: Lebaran Penuh Pesona, Kategori: Kuliner – Destinasi – Event.

Dalam lomba ini obyek yang dinilai adalah Pesona Kuliner, Pesona Event dan Pesona Destinasi di seluruh Pulau Jawa yang menjadi salah satu tujuan mudik Lebaran. 

“Netizen dapat mengeksplorasi aneka ragam kuliner di seluruh Pulau Jawa, dari mulai Banten sampai Jawa Timur. Yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya juga bisa mengeksplorasi obyek foto yang bagus, baik kuliner, event maupun destinasi. Nanti Kemenpar juga akan menyiapkan Peta Mudik,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Arief juga menanggapi terkait harga tiket pesawat jelang libur lebaran. Ia mengatakan akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk mencari solusi terbaik atas fenomena melonjaknya harga tiket pesawat.

“Kita tetap kordinasi dan saya akan ke Kemenhub dalam waktu dekat. Penurunan tarif batas atas akan berpengaruh positif terutama menjelang lebaran,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat lebaran ada 10 juta orang yang mudik. Dalam bahasa pariwisata, pergerakan mudik ini disebut wisata. Karena ada orang dalam jumlah besar, bergerak bersama-sama, dari satu wilayah ke destinasi lainnya untuk berlebaran.