Lembah Anai, Obyek Wisata Persinggahan

Friday, 29 November 19 Harry Purnama

Air terjun Lembah Anai merupakan air terjun yang sangat populer di Sumatra Barat, sebab lokasinya yang sangat unik dan sangat mudah dicapai, yakni di poros jalan utama yang menghubungkan Padang Panjang dari Padang maupun Padang Pariaman.

Wisatawan yang hendak menuju Padang Panjang bisa singgah di air terjun Lembah Anai, baik sekadar untuk beristirahat maupun mencuci muka dengan air terjun. Apalagi, lokasinya persis di tepi jalan sehingga memang mau tidak mau wisatawan seolah “dipaksa” untuk singgah sebentar.

Namun, karena letaknya yang berada di tepi jalan dan di tikungan, sangat bahaya bagi wisatawan untuk berfoto-foto dari pinggir jalan.

Untuk masuk ke area air terjun dan mandi di kolam bawahnya, pengunjung dikenakan biaya Rp5.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak. Air terjun Lembah Anai tidak pernah kering. Namun, ketika musim hujan harus waspada karena debit air yang tinggi bisa menyebabkan banjir hingga ke jalan raya.

Fasilitas di air terjun Lembah Anai ini antara lain area parkir terbatas di pinggir jalan serta warung makanan-minuman, tempat bilas, dan toko suvenir. Udara di sekitar sini sejuk cenderung dingin.

Air terjun Lembah Anai terletak di Singgalang, Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.