Wisata Air dan Kuliner di Waduk Penjalin

Monday, 10 June 19 0 Comments   Herry Drajat
Waduk Penjalin

Saat mudik Lebaran, selain bersilaturahmi dengan keluarga besar di kampung halaman, dapat juga diisi dengan kegiatan wisata. Jika tujuan mudik Anda melalui jalur tengah jalur tengah pulau Jawa, keluar di pintu tol Pejagan dilanjutkan arah ke Purwokerto, Kebumen, Purworejo, Jawa Tengah, dan Jogjakarta, akan melewati salah satu destinasi wisata yang menarik, yaitu Waduk Penjalin yang terletak tidak jauh dari jalan raya Puwokerto-Tegal.  

Waduk atau bendungan yang dibangun pada tahun 1930 ini terletak di perbatasan kabupaten Banyumas dan Brebes, tepatnya di desa Winduaji. Lokasi waduk tidak jauh dari jalan raya dan bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan roda 4.

Waduk yang membendung sungai Pemali di bagian hulu ini menawarkan pemandangan air yang jernih dengan latar belakang pegunungan yang masih hijau. Aktivitas berperahu dan fotografi bisa dilakukan di waduk yang masuk wilayah kecamatan Paguyangan, kabupaten Brebes, ini. Pada setiap Idul Fitri, di tempat ini diselenggarakan Pekan Wisata Idul Fitri dengan acara lomba menangkap itik, pentas dangdut, dan permainan ketangkasan anak.

Waduk Penjalin

Di tepian waduk, ada beberapa warung makan yang menyediakan menu serba ikan hasil tangkapan dari waduk. Ikan lembutan (ikan kecil-kecil) yang digoreng kering, ikan goreng yang gurih, pecak ikan mujair atau lele dapat dinikmati dengan sambal terasi, lalap, tumisan kulit melinjo, dan sambal tauge dengan rasa khas.

Dari Waduk Penjalin, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata lain yang mudah dijangkau dan masih dalam satu wilayah kecamatan, di antaranya pemandian air panas alami Pakujati, Telaga Renjeng atau Telaga Lele, dan Kaligua yang menawarkan pemandangan alam dengan udara sejuk di ketinggian kaki Gunung Slamet.