101 Dasar Event & Destination Management

Tuesday, 01 December 20 Harry Purnama
TECHMinar Kreen Indonesia

Sektor pariwisata adalah salah satu sektor paling menjanjikan di Indonesia. Menurut data yang disebutkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, realisasi devisa dari sektor pariwisata mencapai Rp280 triliun. 

Angka ini menunjukkan peningkatan sebanyak Rp10 triliun dari tahun 2018. Selain itu, ekonomi pariwisata juga berkontribusi pada PDB nasional sebesar 5,5%. Jumlah tenaga kerja sektor ini sebanyak 13 juta orang.

Sayangnya, pandemi yang menyerang pada tahun 2020 berdampak cukup besar dalam berbagai lini usaha, termasuk pariwisata. BPS (Badan Pusat Statistik) mencatat perjalanan wisata turun hampir 100 persen. 

Mengingat signifikansi sektor bisnis ini terhadap ekonomi nasional, diperlukan sebuah upaya event management terpadu yang mampu mengembalikan kondisi pariwisata yang sedang terpuruk.

Event management adalah layanan penyelenggaraan acara yang dapat dikemas dalam berbagai topik, bentuk, dan untuk berbagai tujuan. Dalam pariwisata, kita mengenal struktur tata kelola event dan destinasi terpadu yang dinamakan Destination Management Organization.

Destination Management Organization adalah struktur tata kelola destinasi pariwisata yang mencakup perencanaan, koordinasi, implementasi, dan pengendalian organisasi destinasi secara inovatif dan sistemik melalui pemanfaatan jejaring, informasi dan teknologi. 

Upaya ini dilakukan secara terpadu dengan peran serta masyarakat, asosiasi, industri, akademisi dan pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan, volume kunjungan wisata, lama tinggal dan besaran pengeluaran wisatawan serta manfaat bagi masyarakat di destinasi pariwisata.

Berdasarkan pemaparan di atas, bisnis MICE, termasuk event dan pariwisata, dapat digenjot kembali melalui perubahan strategi dari event organizer, event management, sekaligus kolaborasi dari pihak eksternal lainnya.

Untuk mengetahui dasar-dasar dalam penyelenggaraan event & destination management yang sukses, misalnya memahami jenis-jenis event, mengelola sebuah event, serta memilih dan mengelola sebuah destinasi, TECHMinar Kreen Indonesia bertajuk “101 Basic Thing About Event & Destination Management” akan mengupasnya.

Acara ini akan dihadiri Johanes Chang (Founder & Event Director Indonesia Corporate Travel and MICE (ICTM) dan Bayu Hari Himawan (Pemimpin Redaksi majalah VENUE & COO MyVenue.ID).

Acara ini akan diadakan tanggal 3 Desember 2020 mulai pukul 13.00. Jangan sampai ketinggalan karena TECHMinar ini akan menambah insight Anda tentang bisnis MICE tanpa dipungut biaya dengan bonus e-certificate. Anda juga dapat memperoleh door prize bila beruntung.