ASEAN Tourism Forum 2023 Hadirkan Ministerial Meetings Hingga Travex

Sunday, 05 February 23 Harry
ASEAN Tourism Forum 2023

Yogyakarta menjadi tuan rumah perhelatan ASEAN Tourism Forum 2023 yang diselenggarakan pada 2-5 Februari 2023. ASEAN Tourism Forum (ATF) merupakan event pariwisata terbesar di Asia Tenggara.

Digelarnya ATF 2023 di Indonesia, khususnya di Yogyakarta, dapat menjadi titik balik pemulihan pariwisata di Indonesia dan juga ASEAN pasca-pandemi. Pasalnya, acara ini dihadiri oleh para pejabat pemerintahan, para pengambil keputusan, praktisi pariwisata, serta pelaku pariwisata di ASEAN dan juga negara-negara mitra ASEAN.

ATF 2023 antara lain terdiri dari pertemuan para pejabat lembaga pemerintahan dan sektor swasta se-ASEAN yang terkait pariwisata, serta travel exchange (TRAVEX) yang mempertemukan buyer internasional dengan seller dari negara-negara ASEAN. ATF 2023 dilaksanakan di dua lokasi berbeda, yakni di Marriott Yogyakarta untuk kegiatan meeting dan konferensi, serta di Jogja Expo Centre untuk travel exchange (travex).

Beberapa kegiatan meeting tingkat menteri (ministerial meeting)yang ada di ASEAN Tourism Forum 2023 adalah The 26th Meeting of the ASEAN Tourism Ministers, The 22nd ASEAN Plus Three (China, Japan, Korea) Tourism Ministers Meeting, The 10th ASEAN – India Tourism Ministers Meeting, dan The 2nd ASEAN-Russian Federation Ministers Meeting. Pertemuan tingkat tinggi antara menteri pariwisata di ASEAN tersebut akan membahas mengenai pentingnya kolaborasi sesama negara anggota ASEAN, juga dengan negara mitra ASEAN, yakni Cina, Jepang, Korea, India, dan Rusia.

BACA JUGA:   Wapres Ma’ruf Amin: ATF 2023 Harus Bisa Melahirkan Aksi Nyata

Sementara itu, untuk NTO (National Tourism Organization) meeting yang diadakan pada ASEAN Tourism Forum 2023 adalah The 57th ASEAN NTOs Meeting, The 42nd ASEAN Plus Three NTOs Meeting, The 29th ASEAN-India NTOs Meeting, serta The 13th ASEAN-Russia Tourism Consultation Meeting. Acara ini dihadiri oleh para pejabat senior lembaga pariwisata terkait di setiap negara ASEAN. Tujuan akhir dari NTO meeting ini adalah kesepakatan untuk menerapkan ASEAN Tourism Strategic Plans (ATSP), yaitu rencana jangka panjang untuk meningkatkan pariwisata di ASEAN.

BACA JUGA:   Final Wonderful Indonesia Srikandi Championship Digelar Pada 31 Oktober 2021

Akan ada pula kegiatan tambahan seperti Minister’s Breakfast Meeting yang ditangani oleh US-ABC, Minister Business Luncheon yang diadakan oleh CNN, Lao Night sebagai acara pendelegasian kepemimpinan selanjutnya kepada Laos, tur pasca-pertemuan untuk delegasi VIP, ASEAN Tourism Awards Ceremony, ASEAN Tourism Minister Press Conference, dan Global Modest Fashion Week.

TRAVEX

Travel exchange (travex) juga menjadi salah satu acara utama pada ASEAN Tourism Forum 2023. Travex digelar di Jogja Expo Center pada 3-5 Februari 2023. Acara ini merupakan kegiatan B2B yang mempertemukan buyer dengan seller dari berbagai negara di ASEAN, seperti dari sektor perhotelan, biro perjalanan, jasa food and beverage, dan pelaku pariwisata lainnya.

BACA JUGA:   Berburu Hijab di MUFFEST 2020

Travex ini dihadiri lebih dari 157 seller dan 136 buyer dari 29 negara, antara lain dari 9 negara ASEAN, 6 negara Asia, 9 negara Eropa, 5 negara Timur Tengah, 1 Amerika Utara, dan Australia.

Selain travex B2B, ada juga sesi B2C yang menjadi tempat terjadinya transaksi langsung antara pelaku bisnis dengan konsumen, yakni dalam acara Indonesia Tourism, Culinary Festival and Creative Economy Industries Exhibition yang diikuti oleh 37 booth, 19 UMKM dan 8 stan kuliner.