Banten MICE Forum Jadikan Banten sebagai Destinasi MICE Dunia

Friday, 23 August 19 Herry Drajat
Banten MICE Forum

DPD ASPERAPI (Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia) Provinsi Banten menyelenggarakan Banten MICE Forum (BMF) II. Acara ini diselenggarakan untuk mendorong pemulihan kunjungan wisata ke Banten usai bencana tsunami di selat Sunda beberapa waktu yang lalu.

Acara yang digelar pada 23-24 Agustus 2019 di Royal Krakatau Convention, Cilegon, Banten, ini mengusung tema “Menuju Banten Sebagai Tujuan MICE Dunia”. Banten MICE Forum 2019 edisi kedua ini dihadiri sekitar 150 orang dari pemerintah daerah, pelaku bisnis event dan pemeran, pengelola destinasi wisata, serta akademisi.

Banten MICE Forum adalah kegiatan lintas stakeholder yang berkaitan dengan industri MICE dan merupakan sarana untuk silaturahmi, ajang sharing, edukasi, meningkatkan motivasi, menambah wawasan, dan menumbuhkan inspirasi di bidang MICE bagi masyarakat Banten yang diharapkan bisa mendorong munculnya pelaku usaha baru di bidang MICE.

Banten MICE Forum merupakan bentuk nyata dari peran serta DPD Asperapi Banten untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banten dan diharapkan menjadi ajang silaturahmi lintas stakeholder di bidang wisata dan MICE.

Deden Sunandar, S. Kom, Ketua DPD ASPERAPI Provinsi Banten, mengatakan, “Semangat kami menuju Banten sebagai tujuan MICE dunia tidak bisa dilakukan oleh kami sendiri. Oleh karena itu, dalam forum ini kami mengajak seluruh stakeholder untuk melaksanakannya. Kami butuh dukungan dari PHRI, ASITA, ASPI, para pengelola destinasi, dan lain sebagainya.  Kami punya impian ASPERAPI bisa berada di tengah-tengah para pelaku pariwisata.”

Acara pada hari pertama adalah diskusi panel yang membahas dua isu penting, yaitu “Banten Tujuan MICE Dunia” dan “Mengangkat Citra Destinasi dan Mengembalikan Kunjungan Wisatawan Pasca Bencana Dengan Event/Exhibition” yang dibawakan oleh pembicara-pembicara dari DPP ASPERAPI yang sudah berpengalaman menyelenggarakan event internasional.

Acara hari kedua adalah Banten Trip, yaitu mengunjungi event Royal Independent Golf Tournament,  keraton Kesultanan Banten, pameran Kota Serang Fair 2019 di alun-alun kota Serang, dan terakhir mengunjungi pendopo Bupati Serang.

“Untuk menambah daya pikat destinasi pariwisata salah satunya melalui event. Kami siap untuk menularkan kemampuan kami meng-create dan mengemas sebuah event atau acara di destinasi wisata,” ujar Deden.