Bekraf Dukung Modest Fashion Melalui Modest Fashion Founder Fund

Friday, 10 May 19   13 Views   0 Comments   Bonita Ningsih
Modest Fashion Founder Fund

Pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) semakin mendorong pertumbuhan ekosistem modest fashion (pakaian muslim) agar Indonesia bisa menjadi kiblat modest fashion dunia. Berbagai cara dilakukan, salah satunya ialah dengan menggelar Modest Fashion Founder Fund (MFFF).

Modest Fashion Founder Fund merupakan sebuah program akselerasi bagi pelaku usaha modest fashion Indonesia dalam hal permodalan dari sektor perbankan syariah. Menurut Fadjar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Bekraf, permodalan merupakan salah satu kendala pertumbuhan dan perkembangan pelaku usaha modest fashion Indonesia. Dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha modest fashion untuk mengembangkan produknya.

“Sesuai dengan tupoksi dari sistem permodalan, kami bertugas untuk memfasilitasi ini. Bukan hanya dari segi modest fashion, sebelumnya kami juga sudah memfasilitasi sektor kuliner dan film,” ujar Fadjar saat peluncuran MFFF di Plaza Indonesia, Jakarta.

Dalam segi pendanaan, saat ini Bekraf sudah didukung oleh Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah. Kendati demikian, akan ada enam perbankan syariah lainnya yang akan ikut membantu dalam permodalan ini, yakni Bank Muamalat, BRI Syariah, Mandiri Syariah, BTPN Syariah, Maybank Syariah, dan Panin Dubai Syariah.

Fadjar menjelaskan, program Modest Fashion Founder Fund dapat diikuti oleh para pelaku usaha modest fashion yang sudah memiliki brand sendiri. Setiap peserta yang mendaftar akan diseleksi secara ketat dan akan terpilih 20 peserta untuk mendapatkan akses permodalan bank syariah.

Dalam proses penyeleksiannya, Bekraf menggandeng expert modest fashion, Franka Soeria, yang sudah dikenal sebagai inisiator beragam acara modest fashion week di dalam maupun luar negeri. Nantinya, peserta MFFF juga berkesempatan untuk menyalurkan produknya melalui platform e-commerce Markamarie dan berpeluang mengikuti ajang modest fashion week di berbagai belahan dunia.

“Karena kami belum ada pengalaman di dunia modest fashion makanya kami ajak Mbak Franka di sini. Dia yang sudah expert di dunia ini akan membantu kami mendapatkan peserta yang diharapkan. Kami tidak mau asal pilih karena kami mau benar-benar menghasilkan entrepreneur di bidang ini,” ujar Fadjar.

Franka mengatakan, saat ini modest fashion dari Indonesia sudah banyak dikenal di ajang internasional. Dengan adanya program ini, sangat membantu para pelaku usaha modest fashion dalam hal permodalan agar lebih mudah mengembangkan bisnisnya di kancah internasional.

“Nanti 20 peserta terpilih akan mengikuti program inkubator dengan mentor dari dalam dan luar negeri. Mereka juga akan mendapatkan materi pengembangan usaha dari mentor-mentor tersebut,” Franka menambahkan.

Franka yang juga merupakan pelaku bisnis dari Markamarie akan memilih dua brand terbaik untuk ditempatkan di saluran penjualan mereka. Markamarie akan bertindak sebagai agen internasional dalam hal penjualan dan akan melakukan promosi di berbagai negara.

Bagi pelaku modest fashion yang ingin mendaftar dapat mendaftarkan diri secara online melalui website modestfffund.com secara gratis. Pendaftaran ini dibuka pada 9 Mei 2019 dan akan ditutup pada 20 Juni 2019.