BNI ITB Ultra Marathon 170, Lari dari Jakarta ke Bandung

Tuesday, 18 September 18 Herry Drajat
BNI ITB Ultra Marathon 170

Untuk memperingati ulang tahun ITB (Institut Teknologi Bandung) yang ke-100, Yayasan Solidarity Forever bersama ITB akan menyelenggarakan lomba lari bertajuk BNI ITB Ultra Marathon 170 pada 12-14 Oktober 2018. Lomba lari yang menempuh jarak sejauh 170 km ini diselenggarakan juga sebagai penggalangan dana untuk peningkatan mutu pendidikan ITB.

Pelaksanaan BNI ITB Ultra Marathon 170 yang telah memasuki tahun kedua ini melombakan lima kategori—berkurang dua dari pelaksanaan tahun sebelumnya, yakni individu, relay 2, relay 4, riley 8, dan relay 16. Lomba BNI ITB Ultra Marathon 170 akan dimulai dari kantor pusat Bank BNI di Jalan Jenderal Soedirman, Jakarta, dan finish di kampus ITB, Jalan Ganesha, Bandung, dengan rute melewati jalur Puncak, Bogor.

Sementara kelas yang dilombakan dengan hadiah uang adalah individu dan relay 2 kategori putra dan putri.

Menurut Gatot Sudariyono, Ketua Panitia BNI ITB Ultra Marathon 170, peserta yang sudah mendaftar untuk acara ini sebanyak 2.200 orang dan kemungkinan masih akan bertambah. Bersamaan dengan BNI ITB Ultra Marathon 170, juga diselenggarakan Fun Run 5 K di Bandung, dengan garis start di Museum Asia Afrika dan finish di Kampus ITB Jalan Ganesha dan diikuti sekitar 1.500 orang.

“Jumlah peserta kami batasi hanya 1.500 orang, mengingat daya tampung di kampus ITB kurang,” kata Gatot. Target peserta untuk dua lomba lari tersebut adalah mencapai 4.000 orang.

Tantangan yang dihadapi pada lomba ini adalah kepadatan lalu-lintas pada rute yang dilalui. Untuk itu, manajemen waktu dan kerja sama dengan instansi terkait sangat diperlukan. “Untuk mengatur peserta lomba, selama ini kami tidak menemukan masalah yang berarti, yang rumit adalah mengatur para pendukung yang datang,” kata Lexi Rohi, Race Director. “Karena akan hadir ribuan pendukung dari alumnus ITB yang akan hadir mendukung para peserta.”

Untuk mendukung acara ini, BNI meluncurkan Tap Cash (uang elektronik) dengan desain khusus yang menggambarkan pelari pada ultra marathon. “Kartu ini sangat berguna selama event berlangsung karena dapat digunakan untuk pembelian berbagai macam merchandise yang ada pada tiap pada water station dan check point, selain untuk transaksi biasa misalnya tiket tol dan lain sebagainya,” kata Adi Sulistyowati, Direktur Kelembagaan PT Bank BNI Persero Tbk.