EBTKE ConEx 2019 Hadirkan Inovator Muda

Friday, 08 November 19 Herry Drajat
ebtke 2019

Pameran dan konferensi Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi 2019 (EBTKE ConEx 2019) yang diselenggarakan oleh METI (Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia) dan didukung oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi dibuka oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif pada 6 November 2019.

Pameran yang berlangsung selama tiga hari pada tanggal 6-8 November 2019 ini bertemakan “Energy Transition Toward Sustainable Energy Era”. Digelar di Hall C2, JIExpo, Kemayoran, ini adalah penyelenggaraan EBTKE yang ke-8 kalinya. Pada penyelenggaraan tahun ini, EBTKE berubah dari B2B (Business to Business) menjadi B2C (Business to Consumer). Hal itu karena METI ingin melibatkan masyarakat dalam penghematan energi dan sadar pada energi baru dan terbarukan.

Pada pameran yang menggunakan lahan 4.000 m2 ini dihadirkan juga berbagai teknologi dan inovasi di bidang energi terbarukan yang diharapkan bisa menarik investor untuk mengembangkan energi terbarukan di Indonesia. Sebagian peserta selain berasal dari dalam negeri, juga terdapat peserta dari luar negeri, di antaranya dari negara-negara Nordic serta Cina.

“Kita terhentak pada saat mengikuti inisiasi di Paris Conference (Paris Agreement) mengenai pengurangan emisi karbon. Bagaimana dunia itu concern pada permasalahan emisi. Dan dampaknya sesudah inisiasi tersebut kita rasakan bagaimana perubahan iklim bisa menyebabkan juga perubahan bagi kehidupan. Di lain sisi, inisiasi ini kita melihatnya sebagai suatu peluang untuk bisa melakukan inovasi, bisa meng-create bisnis-bisnis baru yang terlibat dengan masalah-masalah energi,” ujar Arifin Tasrif.

Surya Darma, Ketua Umum METI, mengatakan, “Melalui penyelenggaraan EBTKE 2019 dapat memberikan keyakinan pada para investor dan meningkatkan iklim investasi di sektor Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi. Kami mengajak pada seluruh pemangku kepentingan sektor energi terbarukan untuk memberikan perubahan paradigma serta bersama-sama lebih kreatif untuk mendorong pertumbuhan industri di sektor energi terbarukan.

Pada penyelenggaraan kali ini juga ditujukan untuk mengenalkan dan mengajak masyarakat untuk berperan serta dalam penghematan energi serta terlibat dalam pengembangan dan penggunaan energi baru, terbarukan dan konservasi energi, terutama pada generasi milenial.

Untuk menarik minat masyarakat, terutama inovator-inovator muda agar turut berperan dalam bidang energi baru dan terbarukan, EBTKE 2019 menghadirkan stan “Young Renewable Energy Innovation” yang menampilkan karya-karya mahasiswa terkait energi terbarukan. Mereka juga diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya mereka di mini stage area pameran Indo EBTKE ConEx 2019 dalam sebuah kompetisi.

“Melalui EBTKE kami berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hemat energi dan semakin sadar terhadap energi terbarukan,” ujar Surya Darma.