Festival Musik Dangdut Semesta Bergoyang Promosikan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia

Friday, 20 January 23 Bonita Ningsih

Festival musik Semesta Bergoyang garapan PT Konsersium Anak Nusantara akan hadir sebentar lagi untuk menghibur masyarakat. Acara ini rencananya akan digelar pada 25 Februari 2023 di Gambir Expo PRJ Kemayoran, Jakarta.

“Semesta Bergoyang merupakan sebuah konser atau pertunjukan musik dangdut yang dikolaborasikan dengan genre musik lainnya. Contoh kolaborasi yang akan hadir dalam acara ini adalah penyanyi dangdut akan tampil bersama ikon musisi rock Indonesia yaitu Kaka Slank,” ungkap Indra Buntel, Program Director Semesta Bergoyang, dalam “The Weekly Brief With Sandi Uno” secara hybrid, beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, acara ini juga membuka kolaborasi dengan berbagai pihak seperti para UMKM dan juga aplikasi ticketing ITDC Xplorin. Keterlibatan UMKM dalam acara ini berupa booth pameran yang dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi dan berjualan.

Kehadiran booth para UMKM akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin menyaksikan konser musik. Para pengunjung juga diharapkan dapat mendukung para UMKM dengan menggunakan atau membeli produk-produk yang dihasilkannya.

“Dapat dipastikan event ini akan memberikan efek yang luas. Tidak hanya bagi pelaku musik, tetapi, juga ada UMKM di dalamnya. Ada kuliner hingga fesyen juga di sana,” ujar Muhammad Neil El Himam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pelaksanaan Semesta Bergoyang juga mendapatkan dukungan penuh dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Menurutnya, Semesta Bergoyang dapat memberikan dampak positif bagi kehadiran musik dangdut di tanah air maupun dunia.

“Ini sangat luar biasa bagaimana dangdut sudah bisa bertransformasi menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Acara ini juga diharapkan dapat mempercepat dangdut goes to UNESCO,” ucap Sandiaga.

Tak hanya itu, Sandiaga, juga menilai konser ini bisa menjadi ajang untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Selain UMKM, acara ini juga akan mempromosikan destinasi wisata melalui penampilan berbagai animasi di panggung musik.

Untuk menyaksikan Semesta Bergoyang, masyarakat dapat membeli tiketnya secara online melalui aplikasi ITDC Xplorin. Ini merupakan aplikasi master ticketing untuk konser Semesta Bergoyang, MotoGP, dan WSBK.

Terdapat beberapa pilihan paket tiket yang dapat dipesan oleh masyarakat dengan harga terjangkau. Paket couple ditawarkan dengan harga Rp500ribu untuk dua orang. Paket untuk lima orang dapat dibeli dengan harga Rp1.150.000 dan grup besar minimal 10 orang dapat membeli tiket seharga Rp2 juta.

“Sedangkan untuk satu tiket dijual dengan harga Rp275.000. Dengan harga tersebut, konser ini menargetkan dapat mendatangkan 15ribu pengunjung dan 100ribu penonton siaran langsung secara live streaming,” Sandiaga menambahkan.