Geobike Kaldera Toba 2019, Menikmati Danau Toba dari Atas Sepeda

Thursday, 25 April 19 Venue
Geobike Kaldera Toba 2019
Foto: Dok. Rumah Karya Indonesia

Sebagai salah satu kawasan destinasi wisata Tanah Air, Danau Toba memiliki sejumlah event pariwisata yang diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan, salah satunya ialah Geobike Kaldera Toba yang akan kembali digelar untuk kelima kalinya pada 26-28 April 2019. Geobike Kaldera Toba diadakan oleh Rumah Karya Indonesia, komunitas kreatif yang telah menggelar sejumlah event pariwisata di Danau Toba.

Ojax Manalu, Manajer Pelaksana Geobike Kaldera Toba, mengatakan, event ini akan dilaksanakan di empat kabupaten yang berlokasi tepi Danau Toba selama tiga hari. Kegiatan Geobike Kaldera Toba merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan beberapa area di kawasan Danau Toba yang menarik dan menantang untuk dikunjungi.

“Peserta akan diajak untuk kemping bersama dan menginap di homestay,” ujar Ojax Manalu.

Niko Sitohang, Sekretaris Pelaksana, menjelaskan, pada hari pertama, peserta berkumpul di Geosite Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan. Peserta akan menginap di sana dengan konsep kemping bersama. Pada hari kedua, peserta akan memulai etape pertama yang dimulai dari Geosite Sipinsur menuju Dolok Sanggul.

Di sana peserta akan mengunjungi pasar tradisional Silintong. Kemudian, menuju Bakkara di Kabupaten Tapanuli Utara dengan melintasi persawahan kampung Bakkara di tepi Danau Toba. Di sana, peserta singgah di Istana Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII dan Geosite Bakkara di Tipang. Setelah itu menuju Geosite Muara-Sibandang, menyusuri pinggiran Danau Toba, melewati Aek Sipangolu, kemudian menuju penatapan Muara di Huta Ginjang untuk menikmati keindahan Danau Toba.

Setelah itu, para peserta langsung menuju Pantai Sibolahotang, Balige, Kabupaten Toba Samosir dengan menggunakan kapal dari Muara. Di Balige, peserta akan menginap di homestay yang berlokasi di tepi danau.

Pada hari terakhir, peserta akan mulai dari Pantai Sibolahotang melewati Pantai Bulbul, Pasar Balairong Balige, kemudian menuju Geosite Taman Eden untuk menikmati pemandangan Danau Toba dari Bukit Senyum Motung. Agenda pada hari terakhir adalah menyusuri rute menuju Ajibata, Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba Parapat.

Penulis: Tonggo Simangunsong